STRATEGI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TOM COCOCHA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Mulyana, Asep (2024) STRATEGI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PT. TOM COCOCHA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
44319120013-Asep Mulyana-01 Cover - Asep mulyana.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
44319120013-Asep Mulyana-02 Abstrak - Asep mulyana.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
44319120013-Asep Mulyana-03 BAB 1 - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Bab 2)
44319120013-Asep Mulyana-04 BAB 2 - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (Bab 3)
44319120013-Asep Mulyana-05 BAB 3 - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Bab 4)
44319120013-Asep Mulyana-06 BAB 4 - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
44319120013-Asep Mulyana-07 BAB 5 - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
44319120013-Asep Mulyana-08 Daftar Pustaka - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (Lampiran)
44319120013-Asep Mulyana-09 Lampiran - Asep mulyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (Formulir keabsahan)
44319120013-Asep Mulyana-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Asep mulyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Pemasaran adalah merupakan bagian tersulit dari suatu mata rantai bisnis atau pun industri. Saat ini pemasaran tidak dapat lagi dilakukan secara konvensional atau biasa biasa saja, di era modern seperti saat ini pemasaran harus dapat beradaptasi dengan ruang dan waktu, dimana saat ini pemasaran harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan teknologi sosial media yang berkembang begitu pesat. Saat ini pemasaran suatu produk juga tidak dapat dipisahkan dari permasalahan lingkungan dan penanggulangan perubahan iklim (climate change mitigation). Produk dengan kualitas baik saja tidaklah cukup, hanya produk-produk yang “bersahabat” dengan alam (ecofriendly) dan memberikan kontribusi terhadap penanggulangan perubahan iklim (Climate change mitigation) akan menjadi primadona di pasar global dan bahkan akan sangat diminati dan dicari oleh para konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran PT. Tom Cococha Indonesia dalam Meningkatkan Volume Penjualan Teori komunikasi yang digunakan adalah komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran, strategi IMC dan penjualan. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma penelitian konstruktivis dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan wawancara mendalam kepada informan dan observasi non-partisipan serta studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Strategi dan penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) dengan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk menyampaikan bisnis ramah lingkungan, melalui program kampanye lingkungan dengan slogan “save the world by coconut charcoal”. Implementasi strategi komunikasi dilakukan secara sinergis melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk media Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), dan Through The Line (TTL). Penerapan strategi bauran komunikasi pemasaran telah memberikan hasil positif, tercermin dari peningkatan pendapatan perusahaan pada tahun 2023 Marketing is considered the most challenging part of a business or industry's chain. Nowadays, marketing can no longer be done conventionally or in a usual manner. In the modern era, marketing must adapt to the space and time, where it needs to adjust to the developments in information technology and rapidly evolving social media technology. Presently, marketing a product cannot be separated from environmental issues and climate change mitigation. Having a product with good quality alone is not sufficient; only products that are "ecofriendly" and contribute to climate change mitigation will become the darlings of the global market and will be highly sought after and favored by consumers. The objective of this research is to understand how the Marketing Communication Mix strategy of PT. Tom Cococha Indonesia enhances sales volume. Using Marketing Communications theory, Integrated Marketing Communication, and sales. The research paradigm used is the constructivist research paradigm with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques involve in-depth interviews with informants, non-participant observations, literature review, and documentation study. The data validity technique used is source triangulation. The results of the research show that the strategy and implementation of Integrated Marketing Communication (IMC) form the basis for achieving these goals by coordinating various communication channels to deliver PT. Tom Cococha Indonesia good business . The environment campaign slogan “save the world by coconut charcoal”. The implementation of the communication strategy is carried out synergistically through various communication channels, including Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), and Through The Line (TTL) media, to achieve the target audience optimally. The implementation of the marketing communication strategy has yielded positive results, reflected in the increase in the company's revenue in 2023.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44319120013
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bauran Komunikasi Pemasaran, Penjualan Strategy, Mix Marketing Communication, Sales
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:23
Last Modified: 23 Jan 2024 06:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85498

Actions (login required)

View Item View Item