CHODLI, SHOEFUL (2019) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TIGA LENGAN TAK BERSINYAL (studi kasus : Jl. Serang Cibarusah– Jl. Cikarang – Jl. Serang Setu kabupaten bekasi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. Halaman Judul-41114310024.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan-41114310024.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
3. Surat pernyataan-41114310024.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak-41114310024.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar-41114310024.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar isi-41114310024.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar tabel-41114310024.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar gambar-41114310024.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
9. Bab I TA-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text
10. Bab II TA-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
||
Text
11. Bab III TA-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
12. Bab IV TA-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
13. Bab V TA-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text
14. Daftar Pustaka-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
15. Lampiran-41114310024.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Simpang serang adalah salah satu simpang tiga tak bersinyal yang berada di kabupaten bekasi dan ruas jalan serang cibarusah merupakan penghubung antara jalan bekasi menuju bogor. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kinerja simpang tiga tak bersinyal dan ruas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data lalu lintas dilakukan dengan menggunakan rekaman video pada hari Minggu, Senin dan Selasa, pagi pukul 06.00-08.00 WIB. Siang pukul 11.00-13.00 WIB. Sore pukul 16.00- 18.00 WIB. Hasil perhitungan volume puncak yang tertinggi untuk simpang pukul 06.00 - 07.00 WIB mencapai 4.140 smp/jam.Volume puncak untuk ruas jalan terjadi pada pukul 17.00 - 18.00 WIB sebesar 2.129 smp/jam. Nilai kapasitas untuk simpang serang kondisi eksisting yaitu 3.085 smp/jam.sedangkan kapasitas ruas jalan Jl. Serang Cibarusah kondisi eksisting 3.046 smp/jam. Disimpang tak bersinyal, kondisi existing dengan derajat kejenuhan tertinggi (DS) = 1,389, dengan tingkat pelayanan LOS F. Untuk diruas jalan dengan derajat kejenuhan (DS) = 0,68, dengan tingkat pelayanan LOS C. Pada simpang tak bersinyal alternatif 1 mendapatkan DS = 1,262. Alternatif 2 dilarang belok kanan pada jalan minor DS = 1,154. Alternatif 3 pelarangan belok kanan jalan utama dan jalan minor dengan adanya median DS =1,085. Alternatif 4 mendapatkan DS =0,555. Untuk Ruas jalan dari sebelumnya 7 meter menjadi 8 meter dengan menjadikan 2 lajur 2 arah 2/2UD dengan adanya bahu jalan sebesar 2.5 meter menurunkan derajat kejenuhan menjadi DS= 0,59 LOS C. Kata kunci : Simpang tak bersinyal, ruas jalan, derajat kejenuhan, jumlah kendaraan tundaan, peluang antrian. Serang intersection is one of three unsignal 3 way intersection junction in Bekasi district and Serang Cibarusah segment is a link between Bekasi road toweards Bogor.The purpose of this research is to analiyze work unsignal 3 way intersection and road segment using Indonesian Highway Capacity Manual (MKJI) 1997. Types of data needed for this research are using primery data and secondary data. Data collection of road traffic done by record videos between Sunday, Monday and Tuesday, morning at 06.00 AM-08.00 AM (Wertern Indonesia time). Noon at 11.00 AM - 13.00 PM (WIB). Afternooon at 16.00 PM - 18.00 PM(WIB). The highest calculation result of peak volumes for intersection at 06.00 – 07.00 AM reach 4.140 (Passenger Car Unit) pcu/hour. The peak volumes of road segment happened at 17.00 – 18.00 PM is 2.129 pcu/hour. The value of capacity for Serang intersection existing condition is 3.085 pcu/hour. While road segment capacity Jl. Serang Cibarusah for existing condition reach 3.046 pcu/hour. At unsignal intersection, existing condition with highest Degree of Saturnation (DS) = 1,389. with Level Of Service (LOS) F. For this intersection with Degree Of Saturnation (DS) = 0,7. with Level Of Service (LOS) C. At the unsignal intersection alternative 1 needs DS;1,262 .Alternative 2 don’t turn right sign at minor road DS : 1,154. Alternative 3 don’t turn right sign at the main road and minor road with the existence of median DS:1,085.Alternative 4 needs DS: 0,555. For this intersection before, from 7 metre to became 8 metre and make 2 lanes 2 destinations 2/2UD while adding road side sized 2,5 metre using Degree Of Saturnation DS = 0,59 (LOS C). Keywords : unsignal intersection, road segment, degree of saturnation, volume delay vehicles, chance of queving
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 19 004 |
NIM/NIDN Creators: | 41114310024 |
Uncontrolled Keywords: | Simpang tak bersinyal, ruas jalan, derajat kejenuhan, jumlah kendaraan tundaan, peluang antrian. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 04:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 04:17 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84682 |
Actions (login required)
View Item |