TAHAPAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI KAI ACCESS

SARAHTHIFA, SHELLA (2021) TAHAPAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI KAI ACCESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER - Shella Sarahthifa.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN - Shella Sarahthifa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai industri kereta api komersial yang berfokus kepada pelayanan pelanggan membuat inovasi atau sebagai suatu solusi dari permasalahan yang dialami pelanggan, yaitu inovasi pada aplikasi KAI Access. Berhasilnya program ini, salah satunya melalui tahapan manajemen publicrelations dalam melakukan sosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan manajemen public relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melalui aktivitas komunikasi yaitu dalam melakukan sosialisasi pada aplikasi KAI Access mulai dari tahap fact finding, tahap planning, communicating dan sampai dengan tahap evaluating. Metodologi yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, pengamatan dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa tahapan manajemen public relations dalam mensosialisasikan aplikasi KAI Access belum sesuai dengan data pengguna yang ada, hingga pada implementasi good governance, Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) masih terbatas, hal ini berkaitan dengan tidak terlibatnyaPublic Relations dalam perkembangan pengguna pada inovasi terbaru aplikasi KAI Access dan hal tersebut dapat mempengaruhi citra yang diharapkan perusahaan yaitu sebagai perusahaan BUMN operator transportasi publik satu- satunya di Indonesia yang memfokuskan pada pelayanan pelanggan, dan memiliki public service obligation (PSO) yang merupakan kereta api subsidi dari pemerintah yang dimana perusahaan mempunyai tanggung jawab terhadap masyarakat untuk menyalurkan PSO tersebut dengan baik. Kata Kunci : Tahapan Manajemen Public Relations, Sosialisasi, Good Governance

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010067
Uncontrolled Keywords: Tahapan Manajemen Public Relations, Sosialisasi, Good Governance
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:34
Last Modified: 27 Nov 2023 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84342

Actions (login required)

View Item View Item