ENJELLINA, SALSA NEOMI (2023) PERILAKU KOMUNIKASI ANTAR PENGGEMAR NCT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @nct_addict2. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
01 COVER.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
Abstract
Social media is one of the important media in spreading the Korean wave, especially for idol group fans, social media is something they must have. And instagram is one of them, all K-pop fans can be sure to have an Instagram account to find information about their idols. Through Instagram fans can interact with their idols and interact with fellow fans. This research was made to find out the behavior of fans on social media Instagram, to understand the motives of NCT fans in liking NCT and the motives of NCTzens to follow the Instagram account @nct_addict2. The main theory used in this study is the Phenomenological Theory of Alfred Schutz. The research method used in this study is a qualitative method with a phenomenological approach from Alfred Schutz. The research paradigm used in this study is the constructivist paradigm. Data collection techniques in this study consisted of observation, documentation and interviews. The data analysis technique used is Miles and Huberman's interactive analysis technique. The data validity checking technique used is method triangulation and data source triangulation techniques. The subjects in this study were NCT fans, namely NCTZen, a total of 5 (five) informants, who are active users of Instagram social media and have followed the @nct_addict2 account for 1 (one) year. The results of the study indicate that there is a motive behind the informants to follow the @nct_addict2 account and obtain information about NCT as well as entertainment media. This motive ultimately led the informant to show a behavior when viewing posts on the @nct_addict2 account. These behaviors include; like important and interesting posts, repost posts with important and interesting information about NCT, share posts with funny NCT videos. The informant also said that the @nct_addict2 account was very informative and updated about NCT activities. Keywords: Instagram social media, phenomenology, fans Media sosial merupakan salah satu media penting dalam penyebaran gelombang Korea, khususnya bagi para penggemar idol grup media sosial merupakan suatu hal yang harus mereka miliki. Dan instagram adalah salah satunya, seluruh penggemar K-pop dapat dipastikan memiliki akun Instagram untuk mencari informasi tentang idolanya. Melalui Instagram penggemar dapat berinteraksi dengan idola mereka dan berinteraksi dengan sesama penggemar. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui perilaku penggemar di media sosial Instagram, memahami motif penggemar NCT dalam menyukai NCT dan motif NCTZen mengiktui akun instagram @nct_addict2. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi pandangan Alfred Schutz. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dari Alfred Schutz. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Subjek dalam penelitian ini adalah penggemar NCT yaitu NCTZen sejumlah 5 (lima) orang informan, yang merupakan pengguna aktif media sosial Instagram dan telah mengikuti akun @nct_addict2 selama 1 (satu) tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya motif yang melatar belakangi informan untuk mengikuti akun @nct_addict2 dan mendapatkan informasi tentang NCT dan juga sebagai media hiburan. Motif tersebut pada akhirnya membawa informan menunjukkan suatu perilaku saat melihat postingan di akun @nct_addict2. Perilaku tersebut antara lain; memberi like pada postingan yang penting dan menarik, me-repost postingan yang berisi informasi penting dan menarik tentang NCT, share postingan berisi video lucu NCT. Informan juga menyampaikan bahwa akun @nct_addict2 sangat informatif dan update tentang kegiatan NCT. Kata Kunci: Media sosial Instagram, Fenomenologi, Penggemar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/KD. 23 038 |
NIM/NIDN Creators: | 44519010018 |
Uncontrolled Keywords: | Media sosial Instagram, Fenomenologi, Penggemar |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:10 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84063 |
Actions (login required)
View Item |