ANTONI, PRIYO (2020) ANALISIS FUNGSI TROTOAR TERHADAP PEJALAN KAKI DI JALAN KEMBANGAN RAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
||
Text (BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Jalan kembangan Raya merupakan jalan utama yang terletak di wilayah administrasi Jakarta Barat. Tingginya kepadatan lalu lintas menimbulkan banyak permasalahan, baik dari segi ekonomi, sosial dan keamanan serta kenyamanan. Masalah yang muncul bersumber dari perilaku manusia itu sendiri yang kurang disiplin didalam mematuhi peraturan yang ada. Sudah menjadi rahasia umum bahwa trotoar yang seharusnya berfungsi secara khusus sebagai jalur pejalan kaki namun, sekarang banyak yang beralih fungsi yang tidak sesuai peruntukannya sehingga menimbulkan masalah tersendiri bagi pejalan kaki karena hak-nya telah diambil oleh kepentingan lain. Dalam meneliti tingkat pelayanan trotoar digunakan konsep LOS (Level of Servie) dan penyebaran kuisioner sehingga didapatkan data yang akurat. Penelitian dilakukan terhadap trotoar dan jalan raya meliputi tingkat keamanan dan kenyamanan trotoar kemudian arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang jalan raya. Penelitian trotoar dan jalan raya dilakukan sepanjang 600 meter dan dilaksanakan pada hari weekend dan weekday. Berdasarkan penelitian kondisi fisik trotoar dalam keadaan baik, lebar total trotoar 4,4 meter serta lebar efektif trotoar 1,8 meter. Dari 7 (tujuh) pertanyaan mengenai aspek keamanan yang direspon oleh 72 (tujuh puluh dua) responden, 69,5 (enam puluh Sembilan koma lima) % responden menyatakan berjalan di trotoar jalan Kembangan Raya aman dan 30,5 (tiga puluh satu koma lima) % responden menyatakan tidak aman kemudian mengenai aspek kenyamanan dari 13 (tiga belas) pertanyaan mengenai aspek kenyamanan yang direspon oleh 72 (tujuh puluh dua) responden, 67,41 (enam puluh tujuh koma empat puluh satu) % responden menyatakan nyaman menggunakan trotoar di jalan Kembangan Raya dan 32,59 (tiga puluh dua koma lima puluh Sembilan) % responden menyatakan tidak nyaman menggunakan trotoar di jalan Kembangan Raya. LOS (Level of Service) pada trotoar di jalan Kembangan Raya tergolong pada kategori LOS A dimana ruang pejalan kaki (pedestrian space) > 5,6 m²/ped, tingkat arus (flow rate) < 16 ped/mnt/m.Tingkat pelayanan jalan Kembangan Raya berdasarkan konsep level of service (LOS) pada hari sabtu, 8 Agustus 2020 mendapatkan kategori LOS D pada pagi hari, LOS F pada siang hari dan LOS F pada malam hari. Pada hari senin, 10 Agustus 2020 mendapatkan kategori LOS F pada pagi, siang dan malam hari. Pada hari rabu, 12 Agustus 2020 mendapatkan kategori LOS F pada pagi, siang dan malam hari. Kata Kunci: Jalan Kembangan Raya, Trotoar, keamanan dan kenyamanan, level of service (LOS), Volume, Kecepatan, Kerapatan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41115120144 |
Uncontrolled Keywords: | Jalan Kembangan Raya, Trotoar, keamanan dan kenyamanan, level of service (LOS), Volume, Kecepatan, Kerapatan |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 02:45 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 02:45 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83578 |
Actions (login required)
View Item |