DANIYAH, WATI (2023) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP IMPLEMENTASI SAK EMKM PADA UMKM DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI MODERASI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
01. Hal Cover.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB II)
04. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB III)
05. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text (BAB IV)
06. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
Text (BAB V)
07. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
Abstract
This study aims to examine the effect of educational background, understanding of accounting and understanding of information technology on the implementation of SAK EMKM in SMEs with environmental uncertainty as a moderation. The population in this study was 11,746 SMEs in Tangerang City and a sample of 99 SMEs was obtained by calculating using the Slovin formula. Research data collection was carried out by distributing questionnaires to the 99 SMEs. Testing the data in this study was carried out using Partial Least Squares (PLS). The results of this study indicate that educational background has a significant effect on the implementation of SAK EMKM in Tangerang City SMEs, while accounting understanding and understanding of information technology have no significant effect on the implementation of EMKM SAK in Tangerang City SMEs. Meanwhile, environmental uncertainty moderates the effect of educational background, understanding of accounting, and understanding of information technology on the implementation of SAK EMKM in SMEs in Tangerang City. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi dan pemahaman teknologi informasi terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM dengan ketidakpastian lingkungan sebagai moderasi. Populasi pada penelitian ini yaitu 11.746 UMKM di Kota Tangerang dan didapatkan sampel sebanyak 99 UMKM melalui penghitungan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 99 UMKM. Pengujian data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh signifikan terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM Kota Tangerang, sedangkan pemahaman akuntansi dan pemahaman teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM Kota Tangerang. Sedangkan ketidakpastian lingkungan memoderasi pengaruh latar belakang pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pemahaman teknologi informasi terhadap implementasi SAK EMKM pada UMKM di Kota Tangerang. Kata Kunci: Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pemahaman Teknologi Informasi, Ketidakpastian Lingkungan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CD/555. 23 025 |
NIM/NIDN Creators: | 55520110007 |
Uncontrolled Keywords: | Latar Belakang Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pemahaman Teknologi Informasi, Ketidakpastian Lingkungan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi 800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Akuntansi |
Depositing User: | CALVIN PRASETYO |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:48 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:48 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/83355 |
Actions (login required)
View Item |