PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BIJAK MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE

RAJASA, NANDANA KANIZAR (2023) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BIJAK MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
cover.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB I)
bab_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB II)
bab_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB III)
bab_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB IV)
bab_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

A social campaign is a communication movement that is carried out to widely disseminate information needed for the community, which can be in the form of ideas or ideas or invitations. (Carl Hovland: 1960). Digital campaigns are one way of conveying social ideas to the general public with the existence of digital campaigns, the information conveyed becomes more quickly spread because in this day and age many people use the internet in their daily lives. One example of digital media in delivering campaigns is Instagram, because of its convenience Instagram is one of the social media that is favored by the public. One example of the form of posts on Instagram social media is infographics, Infographics are visual designs that combine data visualization, illustrations, text and images in one unit and form a story. Currently, infographics are a popular medium of information, because of the simple visuals that make it easy to understand. Infographics are a new choice for conveying information, combining learning delivery and avoiding reading as well as saturating layouts with refreshing visualizations will help the audience receive information better than writing that seems long. (Hasni, 2019) By using observation data collection techniques, researchers collect data through literature studies and interviews which then after the data is obtained will be processed using descriptive qualitative methods using the point of view of infographic theory and gestalt theory, this research will analyze visual communication strategies. Keywords: Infographics, Instagram, Campaign Kampanye sosial adalah sebuah gerakan komunikasi yang dilakukan untuk menyebarkan secara luas informasi yang diperlukan bagi masyarakat, bisa berbentuk ide atau gagasan ataupun bersifat ajakan. ( Carl Hovland : 1960 ). Kampanye digital adalah salah satu cara dalam menyampaikan gagasan sosial kepada masyarakat umum dengan adanya kampanye digital maka informasi yang disampaikan menjadi lebih cepat tersebar karena dizaman sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari hari. Salah satu contoh media digital dalam menyampaikan kampanye adalah Instagram, karena kemudahannya Instagram menjadi salah satu sosial media yang digemari oleh masyarakat. Salah satu contoh bentuk postingan dalam media sosial Instagram adalah infografis, Infografis merupakan desain visual yang menggabungkan visualisasi data, ilustrasi, teks dan gambar dalam satu kesatuan dan membentuk sebuah cerita. Saat ini, infografis menjadi media informasi yang diminati, karena visual yang sederhana sehingga mudahan dipahami. Infografis menjadi pilihan baru untuk menyampaikan informasi, penggabungan penyampaian pembelajaran dan menghindari pembacaan juga tata letak yang menjenuhkan dengan visualisasi yang menyegarkan akan membantu audience menerima informasi lebih baik daripada tulisan yang terkesan panjang. (Hasni, 2019) Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, peneliti mengumpulkan data melalui studi pustaka dan wawancara yang mana kemudian setelah data didapatkan akan diolah menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan sudut pandang dari teori infografis dan teori gestalt, penelitian ini akan menganalisis strategi komunikasi visual. Kata kunci : Infografis, Instagram, Kampanye

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 23 016
NIM/NIDN Creators: 42319010035
Uncontrolled Keywords: Infografis, Instagram, Kampanye
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 726 Buildings for Religious Architecture/Arsitektur Bangunan Keagamaan > 726.5 Church Architecture/Arsitektur Gereja > 726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:48
Last Modified: 13 Oct 2023 03:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82470

Actions (login required)

View Item View Item