PEMANFAAATAN MEDIA INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 6 JAKARTA TIMUR TAHUN 2022

AZLIKA, BUNGA NEYRA (2023) PEMANFAAATAN MEDIA INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 6 JAKARTA TIMUR TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 01 Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 02 Abstrak .pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
44219210055 -Bunga Neyra Azlika - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
44219210055 -Bunga Neyra Azlika - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
44219210055 - Bunga Neyra Azlika - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi dapat memberikan akses kepada remaja untuk menjadi bagian dari masyarakat di jejaring sosial tanpa Batasan. Semua orang pasti ingin berusaha terlihat lebih ketika menggunakan media sosial, begitupun dengan remaja, di usianya mereka memiliki sebuah hal yang dapat dibanggakan. Media sosial Instagram menjadi salah satu aplikasi favorit para remaja untuk menunjukan identitas dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas diri pada Siswa MAN 6 Tahun 2022. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian deskriptif melalui wawancara mendalam. Sumber informan berjumlah 4 orang yang merupakan siswa MAN 6 yang aktif di media sosial Instagram. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa remaja mempunyai konsep tersendiri mengenai postingan yang akan diunggah. Pengaruh dari influencer atau selebgram juga menjadi salah satu faktor dalam membentuk identitas diri di kalangan para remaja. Feeds Instagram milik para informan berisi hasil foto yang membentuk identitas dirinya. Remaja akan dilihat keberadaannya seiring dengan eksistensinya dalam menggunakan media sosial Instagram. Untuk kedepannya diharapkan para siswa bisa menampilkan kepribadian yang lebih baik lagi dan menunjukan bahwa mereka berasal dari sekolah Islam yaitu Madrasah Aliyah Negeri 6. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Identitas Diri ABSTRACT Advances in technology can provide access to adolescents to become part of society in social networks without limitations. Everyone definitely wants to try to look more when using social media, even teenagers, at their age they have something to be proud of. Social media Instagram is one of the favorite applications for teenagers to show their identity. This study aims to determine the use of Instagram social media in the formation of self-identity in MAN 6 students in 2022. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative approach and uses descriptive research methods through in-depth interviews. There were 4 sources of informants who were MAN 6 students who were active on Instagram social media. The results of the study can be concluded that teenagers have their own concepts about the posts to be uploaded. The influence of influencers or celebrities is also a factor in forming self-identity among teenagers. The informants' Instagram feeds contain photos that form their identity. Teenagers will see their existence along with their existence in using social media Instagram. In the future, it is hoped that students can display a better personality and show that they come from an Islamic school, namely Madrasah Aliyah Negeri 6. Keywords : Social Media, Instagram, Self-Identity

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 030
NIM/NIDN Creators: 44219210055
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Identitas Diri
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 04:58
Last Modified: 23 May 2023 04:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77542

Actions (login required)

View Item View Item