Prasetyo, Bagus Adi (2021) STRATEGI PROMOSI PROGRAM LAPAK ASIK (PELAYANAN TANPA KONTAK FISIK) BPJS KETENAGAKERJAAN TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (Cover)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-01 Cover - Bagus Adi Prasetyo.pdf Download (246kB) |
|
Text (Abstrak)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-02 Abstrak - Bagus Adi Prasetyo.pdf Download (91kB) |
|
Text (Bab 1)
55421110014-Darwinsyah-03 Bab 1 - Darwin Syah (Darwin).pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text (Bab 2)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-04 Bab 2 - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text (Bab 3)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-05 Bab 3 - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
Text (Bab 4)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-06 Bab 4 - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
|
Text (Bab 5)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-07 Bab 5 - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-08 Daftar Pustaka - Bagus Adi Prasetyo.pdf Download (186kB) |
|
Text (Lampiran)
44315120037-Bagus Adi Prasetyo-09 Lampiran - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text (Form pernyataan)
FORM PERNYATAAN KEABSAHAN 1 - Bagus Adi Prasetyo.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Pandemi Covid19 mengakibatkan tenaga kerja banyak diberhentikan secara sepihak sehingga membuat tenaga kerja mengajukan klaim pencairan dana Jamainan Hari Tua (JHT) dikantor BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengurangi angka yang terjangkit Covid19, BPJS Ketenagakerjaan membuat sebuah inovasi pelayanan publik yaitu LAPAK ASIK (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik). Inovasi ini hanya melayani secara online dan mengarahkan peserta untuk mengakses website untuk daftar serta upload berkas yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim. Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memasarkan suatu inovasi agar para peserta atau tenaga kerja mengetahui bahwa inovasi tersebut layak untuk digunakan. Dibutuhkan suatu strategi yang matang untuk mempromosikan suatu inovasi. Strategi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam mempromosikan program LAPAK ASIK yaitu dengan melakukan segmenting, targeting dan positioning, serta menerapkan promotion mix. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif yang bersifat sementara, serta menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara mendalam dan observasi, serta mengumpulkan data-data sekunder berupa dokumen- dokumen, gambar dan foto dari pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini adalah strategi LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi dua bagian, yaitu dari segi operasi dan segi marketing. Kata kunci: Pemasaran, Promosi, Strategi, Inovasi Pelayanan Publik Pandemi Covid19 mengakibatkan tenaga kerja banyak diberhentikan secara sepihak sehingga membuat tenaga kerja mengajukan klaim pencairan dana Jamainan Hari Tua (JHT) dikantor BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengurangi angka yang terjangkit Covid19, BPJS Ketenagakerjaan membuat sebuah inovasi pelayanan publik yaitu LAPAK ASIK (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik). Inovasi ini hanya melayani secara online dan mengarahkan peserta untuk mengakses website untuk daftar serta upload berkas yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim. Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memasarkan suatu inovasi agar para peserta atau tenaga kerja mengetahui bahwa inovasi tersebut layak untuk digunakan. Dibutuhkan suatu strategi yang matang untuk mempromosikan suatu inovasi. Strategi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam mempromosikan program LAPAK ASIK yaitu dengan melakukan segmenting, targeting dan positioning, serta menerapkan promotion mix. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif yang bersifat sementara, serta menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara mendalam dan observasi, serta mengumpulkan data-data sekunder berupa dokumen- dokumen, gambar dan foto dari pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini adalah strategi LAPAK ASIK BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi dua bagian, yaitu dari segi operasi dan segi marketing. Kata kunci: Pemasaran, Promosi, Strategi, Inovasi Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44315120037 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Promosi, Strategi, Inovasi Pelayanan Publik Marketing, promotion, strategy, public service inovation |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | ALFINA DHEA NOVA |
Date Deposited: | 08 Apr 2023 03:12 |
Last Modified: | 08 Apr 2023 03:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76206 |
Actions (login required)
View Item |