KURNIAWAN, ADHE (2023) Pola Komunikasi Guru Dengan Murid Autis Pada Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring Di Masa Pandemi Di Multi Intelligence Transforming School Kelapa Gading Jakarta Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
55220110005-Adhe Kurniawan-01 Cover - Adhe Kurniawan.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
55220110005-Adhe Kurniawan-02 Abstrak - Adhe Kurniawan.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
55220110005-Adhe Kurniawan-03 Bab 1 - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (Bab 2)
55220110005-Adhe Kurniawan-04 Bab 2 - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text (Bab 3)
55220110005-Adhe Kurniawan-05 Bab 3 - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text (Bab 4)
55220110005-Adhe Kurniawan-06 Bab 4 - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
||
Text (Bab 5)
55220110005-Adhe Kurniawan-07 Bab 5 - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
55220110005-Adhe Kurniawan-08 Daftar Pustaka - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (Lampiran)
55220110005-Adhe Kurniawan-09 Lampiran - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (Formulir pernyataan keabsahan dan persetujuan publikasi tugas akhir)
55220110005-Adhe Kurniawan-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Adhe Kurniawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
Abstract
Di masa pandemi Covid 19, perubahan terjadi dalam sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka menjadi sistem pembelajaran jarak jauh secara online. Pola Komunikasi yang sesuai menjadi salah satu syarat untuk mencapai keberhasilan pada proses belajar mengajar secara daring. Penggunaan komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal diperlukan untuk membangun pola komunikasi yang baik agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Tentunya proses pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang mudah apalagi bagi Sekolah Khusus Autis Multi Intelligence Transforming School yang menangani murid yang berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pola komunikasi yang terbentuk juga mengidentifikasi hambatan komunikasi yang terjadi pada proses belajar mengajar antara guru dengan murid autis secara daring di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk mengetahui pola komunikasi yang terbentuk antara guru dengan murid ASD peneliti menggunakan pendekatan dengan menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Mead. Hasil dari penelitian ini yakni pola komunikasi yang terbentuk dalam proses belajar mengajar secara daring di Multi Intelligence Transforming School ialah pola komunikasi primer dan pola komunikasi sekunder. Hambatan komunikasi yang terjadi setelah pola komunikasi terbentuk yakni secara primer dan sekunder yaitu hambatan secara teknis seperti kehilangan sinyal internet yang berakibat hilangnya suara juga gambar ketika kelas sedang berlangsung juga hambatan dari murid itu sendiri seperti murid meninggalkan tempat saat proses kelas online sedang berlangsung, hambatan yang terjadi dari lingkungan tempat tinggal juga menjadi salah satu faktor penyebab hambatan terjadi. Selain guru, keluarga dan pendamping murid harus berperan dalam menyiapkan semua yang dibutuhkan murid untuk kegiatan belajar mengajar secara daring agar kegiatan dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Teori Interaksi Simbolik, Hambatan Komunikasi, In the pandemic covid 19, the change occurred in learning system is usually done face to face distance learning system. The communcation patterns to one of the requirements to achieve success in the learning process online. The use of verbal communication and nonverbal communication necessary to build a good communication that the message was acceptably well. Of course learning long distance is no easy matter much less for special school autis like multi intelligence transforming school handling students with special needs disabled athletes. The purpose of this research to analyze the communication patterns formed also identifies the barriers of communication happened to learning process in the pandemic era. Type this study is descriptive qualitative and use approach case study. To know the communication patterns between teacher with student with ASD researchers use symbolic interaction theory presented by Mead. The result of this research that is a model communication patterns to the learning process online in Multi Intelligence Transforming School is the communication pattern primary and communication pattern secondary. The barriers of communication which occur both obstacles technically as loss of signal the internet that result in the loss of voice also an image when class on going. Challenged by the environment is also is one factor barrier causes happened. Teacher, family, and mentor students has to be in preparing that the rest students to learning activities online class that go well. Keywords : Communication Patterns, Symbolic Interaction Theory, Communication Barriers.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55220110005 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pola Komunikasi, Teori Interaksi Simbolik, Hambatan Komunikasi Keywords : Communication Patterns, Symbolic Interaction Theory, Communication Barriers |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | SITI NOVI NUR CAHYANI |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:00 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76166 |
Actions (login required)
View Item |