VIANTY, MARDA (2023) MANIPULASI IDENTITAS DIRI DI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Kualitatif Pada Film The Tinder Swindler). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
Abstract
Social media exists as a means to communicate with other people. Socializing, working, dating, and sharing life stories on social media are daily activities carried out by people from all over the world. As a result of freedom of communication, various crimes arise on social media. This research focuses on the elaboration of the act of identity manipulation, which describes the acts of self-identity manipulation on social media contained in the documentary film The Tinder Swindler so that it can be seen how this phenomenon occurs in real life. The research method used is a qualitative research method with a content analysis approach which aims to analyze the manipulation actions used, so that it can be known how fraud perpetrators manipulate other people. The results obtained from this study are 45 scenes that are in accordance with the categorization in the analysis. Identity manipulation was found related to name, occupation, appearance, social environment, to photos and videos on social media. With the elaboration of self-identity manipulation in this research, it is hoped that the public will be more aware of other people they meet on social media in order to avoid similar scams, as happened in The Tinder Swindler film. Keywords: Content Analysis, Film, Identity Manipulation, Swindler, Social Media. Media sosial hadir sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bersosialisasi, bekerja, berkencan, hingga membagikan cerita kehidupannya di media sosial ialah kegiatan sehari-hari yang dilakukan masyarakat saat ini dari berbagai penjuru dunia. Akibat kebebasan berkomunikasi, timbul berbagai kejahatan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tindakan kejahatan manipulasi identitas diri di media sosial yang dilakukan pelaku penipuan pada film “The Tinder Swindler”. Penelitian ini menggunakan teori umum terkait manipulasi identitas diri yang biasa dilakukan oleh manipulator. Analisa dilakukan dengan mengkategorisasikan tindakan manipulasi identitas berdasarkan nama, pekerjaan, penampilan, lingkungan sosial, hingga foto dan video yang diunggah, sehingga dapat diketahui bagaimana gambaran kejadian dari fenomena sosial manipulasi identitas di kehidupan nyata. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Analisis Isi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan manipulasi identitas yang digunakan, sehingga dapat diketahui tentang bagaimana pelaku penipuan memanipulasi orang lain. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat 45 scene yang sesuai dengan pembagian ketagorisasi pada analisa. Ditemukan adanya manipulasi identitas terkait nama, pekerjaan, penampilan, lingkungan sosial, hingga foto dan video di media sosial. Dengan adanya penjabaran dari manipulasi identitas diri pada penelitian ini, diharapkan kepada masyarakat agar lebih mewaspadai orang lain yang ditemui di media sosial agar terhindar dari hal-hal penipuan yang serupa, seperti yang terjadi di Film “The Tinder Swindler". Kata Kunci : Analisis Isi, Film, Manipulasi Identitas, Penipuan, Media Sosial.
Actions (login required)
View Item |