REPRESENTASI BLACKFACE DALAM IKLAN BUKALAPAK VERSI PENGAKUAN: AWALNYA COBA-COBA, JADI UNTUNG TERUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

ZAHRA, DEVI ROSFINA (2019) REPRESENTASI BLACKFACE DALAM IKLAN BUKALAPAK VERSI PENGAKUAN: AWALNYA COBA-COBA, JADI UNTUNG TERUS (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Halaman Judul.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 Surat Pernyataan.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 Lembar Pengesahan.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 Kata Pengantar.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06 Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07 Daftar Tabel.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 Daftar Gambar.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 Daftar Lampiran.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
11 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB V)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

This research begins from the discovery of blackface character in Bukalapak advertisment Pengakuan: Awalnya Coba-Coba, Jadi Untung Terus. The ad, which aired in 2018, considered as racist and offensive against the black community for using blackface in its story. Therefore, this study aims to see how blackface represented in these advertisements. The ad analyzed through the scientific semiotic view of Roland Barthes, known for its denotative, connotative, and mythical tools. Signs in advertisements are examined in stages to obtain the meaning of the message and also dismantle the myth that hides behind the ideology contained in the ad. The results of the semiotic text analysis found that the Bukalapak advertisement showed an element of racism that seen from the use of blackface as a vehicle to convey comedy. The joke that made the black race as the object has become a myth. The practice of demeaning the black race became commonplace because of the belief in the ideology of white supremacy which the Indonesian people unwittingly believed. Where the notion that whites are superior to blacks is an unfounded belief to denigrate colored races. Keywords: Blackface, Semiotics, Racism, Advertising Penelitian ini berangkat dari ditemukannya karakter blackface dalam iklan Bukalapak versi Pengakuan: Awalnya Coba-coba, Jadi Untung Terus. Iklan yang tayang pada tahun 2018 tersebut dianggap rasis dan ofensif terhadap masyarakat keturunan kulit hitam karena menggunakan blackface dalam ceritanya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana blackface ditampilkan dalam iklan tersebut. Iklan dianalisis melalui kaca mata ilmiah semiotika dari Roland Barthes, yang dikenal dengan perangkat denotatif, konotatif, dan mitosnya. Tanda - tanda dalam iklan diteliti secara bertahap untuk memperoleh makna pesan dan juga membongkar mitos yang bersembunyi dibalik ideologi yang terkandung dalam iklan. Hasil dari analisis teks semiotika ditemukan bahwa iklan Bukalapak menunjukkan unsur rasisme yang terlihat dari penggunaan blackface sebagai kendaraan untuk menyampaikan komedi. Lelucon yang menjadikan ras kulit hitam sebagai objeknya telah menjadi mitos. Praktik merendahkan ras kulit hitam menjadi hal biasa karena adanya keyakinan pada ideologi supremasi putih yang tanpa disadari diyakini juga oleh masyarakat Indonesia. Di mana anggapan bahwa kulit putih lebih unggul dari kulit hitam menjadi kepercayaan tak berdasar untuk merendahkan ras berwarna. Kata kunci: Blackface, Semiotika, Rasisme, Iklan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 093
NIM/NIDN Creators: 44317120013
Uncontrolled Keywords: Blackface, Semiotika, Rasisme, Iklan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan > 006.33 Knowledge-Based Systems/Sistem Berbasis Pengetahuan > 006.332 Knowledge Representation/Representasi Pengetahuan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:36
Last Modified: 17 Mar 2023 01:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75163

Actions (login required)

View Item View Item