DEWI, RATIH KEMALA (2022) ANALISIS GAYA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI BUMN (STUDI KASUS PADA DEPARTEMEN PEMASARAN DAN DEPARTEMEN PENJUALAN 1 DI PERUM PERCETAKAN UANG RI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 01 Cover.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 02 Abstrak.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text
44218210019 - Ratih Kemala Dewi - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang gaya komunikasi kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Departemen Penjualan dan Departemen Pemasaran di Perum Percetakan Uang RI. Tujuan diadakan penelitian ini ialah untuk menganalisis gaya komunikasi kepemimpinan berdasarkan teori gaya komunikasi yang dikemukakan oleh Tubbs dan Moss. Penelitian ini menggunakan paradigma konstrutivisme dengan metode studi kasus. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri atas 1 orang informan kunci, 3 orang informan, dan 1 informan untuk triangulasi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa gaya komunikasi yang diterapkan oleh Kepala Departemen Penjualan 1 dan POH Kepala Departemen Pemasaran, didominasi oleh The Equalitarian Style dimana gaya komunikasi ini merupakan gaya komunikasi yang ideal. The Equalitarian Style banyak digunakan terutama pada saat berinteraksi dengan karyawan, menunjukan rasa peduli, mengambil keputusan, memberikan perintah, serta menegur karyawan. Peneliti juga menemukan bahwa gaya komunikasi yang diterapkan oleh kepala departemen harus diimbangi dengan penggunaan gaya komunikasi The Structuring Style dan The Dynamic Style. The Structuring Style dinilai memiliki manfaat yang strategis (vital) untuk menciptakan efek yang bermanfaat bagi organisasi. Maksud dari diterapkannya gaya komunikasi The Structuring Style digunakan untuk menegakkan peraturan dan pendelegasian tugas. Sedangkan The Dynamic Style diperlukan saat menghadapi keadaan yang kritis/mendesak. Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Kepemimpinan, Kinerja, Pemimpin dan karyawan ABSTRACT This study describes the Leadership Communication Style applied by the Head of the International Sales Department and the Marketing Department of the Indonesian Government Security Printing and Minting Corporation. The purpose of this study was to analyze leadership communication based on theories of communication style proposed by Tubbs and Moss. Constructivism paradigm is used in this study with case study as its method. This research is used descriptive qualitative. There were 5 informants in this study consist of 1 key informant, 3 informants, and 1 informant for triangulation. Data was collected using interview and documentation techniques. The results of this study indicate that the communication style applied by the Head of Sales Department 1 and POH Head of Marketing Department is dominated by The Equalitarian Style where this style of communication is the ideal style to be applied. This communication style is widely used especially when interacting with employees, showing concern, making decisions, giving orders, and reprimanding employees. The researcher also found that the communication style applied by the head of the department must be balanced with the use of The Structuring Style and The Dynamic Style. Structuring Style is considered to have strategic/vital benefits to create beneficial effects for the organization. The Purpose of applying The Structuring Styles is to enforce rules and delegate tasks. Meanwhile, The Dynamic Style is needed when dealing with critical/urgent situations. Keyword : Communication Styles, Leadership, Performance, Leader and employees
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 22 062 |
NIM/NIDN Creators: | 44218210019 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Kepemimpinan, Kinerja, Pemimpin dan karyawan |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 09:09 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 09:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72524 |
Actions (login required)
View Item |