MELANI, CICI (2022) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SESAMA PENGGEMAR BOYBAND DAN GIRLBAND (K-POP) (Studi Kasus: Pelajar SMKN 02 BLITAR Jawa Timur). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44218210014 - Cici Melani - 02 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
44218210014 - Cici Melani - 03 Abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text
44218210014 - Cici Melani - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
44218210014 - Cici Melani - 11 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
Abstract
ABSTRAK K-pop mampu membentuk sebuah dunia baru, menghasilkan nilai-nilai baru, dan juga melahirkan trend baru yang diikuti oleh banyak orang. Sayangnya, Di Indonesia ada banyak remaja yang menyukai budaya tersebut hingga di kota kecil salah satunya adalah di kota Blitar. SMKN 02 Blitar merupakan sekolah negeri yang bertempat di Jl. Tanjung No. 111, Sukorejo, Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif studi kasus dimana peneliti bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi sesama penggemar boyband dan girlband (K-Pop) khususnya pelajar SMKN 02 BLITAR Jawa Timur saat kehidupan sehari-hari. Peneliti mengambil sample pada kelas XI yang berjumlah lima orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dan teknik triangulasi data atau sumber sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan menunjukan minat yang besar oleh para pelajar terhadap dunia K-Pop. Komunikasi antarpribadi mereka cenderung memilih-milih dengan teman mana yang akan diajak berkomunikasi karena menurut mereka lebih merasa nyaman dan seru dalam percakapan yang membahas mengenai K-Pop serta dapat melupakan dan mengurangi penat dari masalah yang tengah dihadapi oleh mereka terlebih lagi disaat pandemic Covid-19 yang belum tau kapan berakhir. Mereka juga akan terus menerus merasa penasaran dan haus akan pengetahuan mengenai dunia K-Pop. Oleh sebab itu, mereka lebih memilih suka dan nyambung dengan sesama penggemar K-Pop selain menambah wawasan pengetahuan mereka mengenai K-Pop bisa melegakan rasa haus akan rasa penasaran mereka terhadap idola K-Pop. Mereka juga mempunyai kemauan yang tinggi untuk mengajak teman untuk menyukai hal yang sama yaitu K-Pop dan wajar saja karena mereka ingin menambah teman yang bisa diajak komunikasi dan berinteraksi mengenai dunia K-Pop. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Pelajar, Penggemar K-Pop, Boyband dan Girlband K-Pop ABSTRACT K-pop is able to form a new world, generate new values, and also give birth to new trends that are followed by many people. Unfortunately, in Indonesia there are many teenagers who like this culture even in small towns, one of which is in the city of Blitar. SMKN 02 Blitar is a public school located on Jl. Tanjung No. 111, Sukorejo, Blitar, East Java. This study uses the constructivism paradigm and case study qualitative research methods where the researcher aims to determine interpersonal communication among fans of boybands and girlbands (K-Pop), especially students of SMKN 02 BLITAR East Java during their daily lives. Researchers took samples in class XI which amounted to five people with data collection techniques used in this study were interviews and observations and data triangulation techniques or sources as a technique for checking the validity of the data. The results of this study as a whole show great interest by students in the world of K-Pop. Their interpersonal communication tends to be picky with which friends to communicate with because they think they feel more comfortable and exciting in conversations that discuss K-Pop and can forget and reduce fatigue from the problems they are currently facing, especially during the Covid19 pandemic. who don't know when it will end. They will also constantly feel curious and thirst for knowledge about the K-Pop world. Therefore, they prefer to like and connect with fellow K-Pop fans in addition to increasing their knowledge of K-Pop, which can relieve their thirst for curiosity about K-Pop idols. They also have a high willingness to invite friends to like the same thing, namely K-Pop and it's only natural because they want to add friends with whom they can communicate and interact about the world of K-Pop. Keywords: Interpersonal Communication, Students, K-Pop Fans, K-Pop Boybands and Girlbands
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 22 025 |
NIM/NIDN Creators: | 44218210014 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Pelajar, Penggemar K-Pop, Boyband dan Girlband K-Pop |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:53 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:53 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72246 |
Actions (login required)
View Item |