LINGGASARI, CORNELIA (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Pariwisata Sub Sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 File Cover.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak & Abstract.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
This study aims to empirically examine the effect of Profitability, Leverage, and Company Size on Firm Value proxied by Price Book Value (PBV). The factors tested in this study are profitability, leverage, and firm size as independent variables, while firm value as the dependent variable. The population used in this study is trade, service and tourism companies sub-sector restaurant, hotel and tourism listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2020 period, totaling 44 companies. The data used is secondary data obtained from the website www.idx.co.id. This study uses purposive sampling method in determining the sample, where there are 22 companies that meet the sample selection criteria. The data in this study were analyzed using several analytical methods, namely descriptive statistical tests, model selection tests, classical assumption tests, model feasibility tests and hypothesis testing. Hypothesis testing is done throught multiple linear regression analysis. The analysis model in this study uses Eviews 12 software. The results of this study indicate that: profitability has no effect on firm value; Leverage has effect on firm value; company size has no effect on firm value. Keyword: Profitability, Leverage, Firm Size, Firm Value. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh antara Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan yang diproksikan dengan Price Value Book (PBV). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan sebagai variabel independen sedangkan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Perdagangan, Jasa dan Pariwisata Sub Sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 – 2020 yang berjumlah 44 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan medode purposive sampling dalam menentukan sampel, dimana terdapat 22 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan beberapa teknik metode analisis yakni uji statistik deskriptif, uji pemilihan model, uji asumsi klasik, uji kelayakan model dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Analisis Linear Berganda. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan software Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; Leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan; Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai perusahaan
Actions (login required)
View Item |