STRATEGI HUMAS DALAM PELAYANAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PT KAWASAN BERIKAT NUSANTARA (PERSERO)

RAHAYU, MONICA (2022) STRATEGI HUMAS DALAM PELAYANAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PT KAWASAN BERIKAT NUSANTARA (PERSERO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

Public information disclosure (KIP) is a way for a public entity to be transparent and practice good governance. The KIP allows the general public to access information and keep track of how well governmental entities are performing. The Indonesian government passed Law No. 14 of 2008, which governs public information disclosure, in order to accomplish this. It is required of PT KBN (Persero) to execute public information disclosure because it is one of the state-owned businesses and public entities. One of the state-owned businesses that has had a reasonably quick increase in KIP application is PT KBN (Persero). As a result, for the last two years (2020–2021), PT KBN can move from the "Not Informative" category to the "Towards Informative" category. This study aims to determine the strategies and barriers of public relations in the service of Public Information Disclosure at PT KBN (Persero). This study uses the Cutlip, Center, and Broom theory which states that the work program planning process goes through four stages. In theory, it is explained that the four stages of the PR strategy planning model are identifying problems, planning and programming, taking action and communicating and evaluating programs. This research uses a qualitative approach with a case study method. There is one key informant, namely the PPID superior of PT KBN (Persero) and six informants, namely PPID and PPID Implementer of PT KBN (Persero). Data collection techniques used are in-depth interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The technique of checking the validity of the data used is triangulation of sources and data. The results of this study indicate that PPID PT KBN (Persero) uses a strategy of periodic evaluation and digitization to disseminate public information and make it easier for information applicants. In the implementation of PPID PT KBN (Persero) faced several obstacles including lack of resources or personnel, lack of budget, and lack of public understanding of PPID. Keywords: Public Information Disclosure, PPID, Public Relations Strategy, PT KBN (Persero) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan bentuk transparansi dan good governance di suatu badan publik. Dengan adanya KIP, masyarakat dapat mengetahui informasi dan memantau kinerja badan publik. Agar hal itu dapat tercapai, pemerintah Indonesia mengeluarkan undang-undang untuk mengatur tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam UU No.14 tahun 2008. Sebagai salah satu perusahaan BUMN dan Badan Publik, maka wajib bagi PT KBN (Persero) untuk menerapkan Keterbukaan Informasi Publik. Dalam pelaksanaannya PT KBN (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang mengalami peningkatan cukup pesat dalam penerapan KIP sehingga selama dua tahun terkahir (2020-2021) PT KBN dapat berada dalam kategori “Menuju Informatif” dari kategori sebelumnya yaitu “Tidak Informatif”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hambatan humas dalam pelayanan Keterbukaan Informasi Publik di PT KBN (Persero). Penelitian ini menggunakan teori Cutlip, Center, and Broom yang menyatakan bahwa proses perencanaan program kerja melalui empat tahapan. Dalam teorinya dijelaskan empat tahap langkah model perencanaan strategi humas ialah mengidentifikasi masalah, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan komunikasi dan mengevaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat satu informan kunci yaitu Atasan PPID PT KBN (Persero) dan enam informan yaitu PPID dan Pelaksana PPID PT KBN (Persero). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PPID PT KBN (Persero) menggunakan strategi evaluasi berkala dan teknologi digital untuk menyebarkan informasi publik dan mempermudah para pemohon informasi. Pada pelaksanaannya PPID PT KBN (Persero) menghadapi beberapa hambatan di antaranya ialah kurangnya sumber daya atau personil, kurangnya anggaran, dan kurangnya pengertian publik tentang PPID. Kata Kunci: Keterbukaan Informasi Publik, PPID, Strategi Humas, PT KBN (Persero)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 147
NIM/NIDN Creators: 44218010091
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan Informasi Publik, PPID, Strategi Humas, PT KBN (Persero)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:48
Last Modified: 24 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70846

Actions (login required)

View Item View Item