PERANCANGAN BUKU CERITA ILUSTRASI ‘BERMAIN BERSAMA RALINE’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK USIA 4 – 6 TAHUN

KARTIKA, HANA (2022) PERANCANGAN BUKU CERITA ILUSTRASI ‘BERMAIN BERSAMA RALINE’ SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK ANAK USIA 4 – 6 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HALAMAN COVER.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Technological progress is currently growing rapidly which has a negative impact because it makes it difficult for the current generation, especially children, to break away if they have entered the virtual world, usually what children play are modern games such as games, gadgets and so on. Efforts that can be made to preserve traditional games are through media such as books. Book media can be a solution because books can be used for a long time so that they can be communicative appropriately and are in great demand because they store a lot of information contained in them, so there needs to be innovation so that books are more interesting for children to read not too much text. The phenomenon of communication that is built for children today by making illustration books is one of the active media in introducing traditional types of games, it also requires the involvement of many parties to continue to socialize traditional games so that the design can be known to focus on how to play for children by way of storytelling using the form age-appropriate illustrations. As a conservation effort, besides being able to increase knowledge about games so that they can be used as developments in social interaction, they can also balance contemporary games with technology, and can continue the socialization of traditional games to children through useful illustrated books. It is hoped that children's interest in traditional games will not decrease and can develop children's imagination through visuals in the form of pictures. Keywords: Illustration Book, Picture Book, West Java, Sondah. Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat yang berdampak negatif karena membuat generasi sekarang khususnya anak-anak sulit untuk melepaskan diri jika sudah memasuki dunia maya, biasanya yang dimainkan anak-anak adalah permainan modern seperti games, gadget dan lain sebagainya. Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan permainan tradisional adalah Melalui media seperti buku. Media buku dapat menjadi solusi karena buku dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat komunikatif dengan tepat dan banyak diminati karena menyimpan banyak informasi yang terkandung di dalamnya, sehingga perlu adanya inovasi agar buku lebih menarik yang tidak terlalu banyak membaca teks. Fenomena komunikasi yang dibangun untuk anak-anak saat ini dengan membuat buku ilustrasi merupakan salah satu media aktif dalam mengenalkan jenis permainan tradisional, juga membutuhkan keterlibatan banyak pihak untuk terus mensosialisasikan permainan tradisional agar desainnya dapat diketahui fokus tentang cara bermain untuk anak dengan cara bercerita menggunakan bentuk ilustrasi sesuai usia. Sebagai upaya pelestarian, selain dapat menambah pengetahuan tentang permainan sehingga dapat dijadikan sebagai pengembangan dalam interaksi sosial, juga dapat menyeimbangkan permainan kontemporer dengan teknologi, serta dapat melanjutkan sosialisasi permainan tradisional kepada anak-anak Melalui buku ilustrasi yang bermanfaat. Diharapkan minat anak terhadap permainan tradisional tidak berkurang dan dapat mengembangkan imajinasi anak Melalui visual berupa gambar. Kata Kunci: Buku Ilustrasi, Buku Bergambar, Jawa Barat, Sondah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 22 033
Call Number: SDSK/23/22/026
NIM/NIDN Creators: 42317110015
Uncontrolled Keywords: Buku Ilustrasi, Buku Bergambar, Jawa Barat, Sondah
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya > 096 Books Notable for Illustrations and Materials/Buku dengan Ilustrasi Khusus dan Berbahan Khusus
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya > 096 Books Notable for Illustrations and Materials/Buku dengan Ilustrasi Khusus dan Berbahan Khusus > 096.1 Books Notable for Illustrations/Buku dengan Ilustrasi Khusus
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.2 Miscellany of Travel/Aneka Ragam tentang Perjalanan > 910.22 Illustrations, Models, Miniatures/Ilustrasi, Model, Miniatur
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: WADINDA ROSADI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:24
Last Modified: 21 Oct 2022 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70689

Actions (login required)

View Item View Item