EFEKTIVITAS MEDIA PELATIHAN BERBASIS APLIKASI SKILL ACADEMY BY RUANGGURU BAGI PESERTA KARTU PRAKERJA 2020 (Survei Pada Pengguna Aplikasi Skill Academy by Ruangguru Sekaligus Sebagai Peserta Kartu Prakerja 2020)

ROMADHANI, DEVIRA PITA (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PELATIHAN BERBASIS APLIKASI SKILL ACADEMY BY RUANGGURU BAGI PESERTA KARTU PRAKERJA 2020 (Survei Pada Pengguna Aplikasi Skill Academy by Ruangguru Sekaligus Sebagai Peserta Kartu Prakerja 2020). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER - Devira Pita Romadhani 44318110049 - Devira Pita Romadhani.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK - Devira Pita Romadhani 44318110049 - Devira Pita Romadhani.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1 - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2 - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3 - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4 - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5 - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN - Devira Pita Romadhani 44318110049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the Skill Academy by Ruangguru application-based training media for participants of the Kartu Prakerja 2020. The results of this study are expected to be an evaluation for Ruangguru as a Skill Academy application maker to measure the effectiveness of the media used by application users, and can be taken into consideration for always developing applications through better application functions and services in the future, and can also develop more effective digital communications. The data used in this study amounted to 100 samples who were users of the Skill Academy application as well as participants of the Kartu Prakerja 2020. The sampling technique was carried out by means of Non Probability Sampling - Purposive Sampling. The data analysis technique used is descriptive analysis to measure the effectiveness of the media using a model from Nielsen J, namely usability which consists of components of learnability, efficiency, memorability, errors, and satisfaction. This research method uses a survey method, a positivism research paradigm, with a descriptive type of research and a quantitative approach to describe clearly and in detail the problem being studied by the researcher. The selected sample is 100 respondents who are included in the criteria. The results of this study for each variable learnability (easy to learn), efficiency (efficient), memorability (easy to remember), errors (error prevention), and satisfaction (user satisfaction) show very effective results as measured using Likert Summating. Rating (LSR) with a total score of 9263 in the range >Q3. Keyword :media effectiveness, digital media, digital marketing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pelatihan berbasis aplikasi “Skill Academy by Ruangguru” bagi peserta Kartu Prakerja 2020. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi Ruangguru sebagai pembuat aplikasi Skill Academy untuk mengukur efektivitas media yang digunakan oleh pengguna aplikasi, serta dapat menjadi bahan pertimbangan untuk selalu mengembangkan aplikasi melalui fungsi dan layanan aplikasi yang lebih baik lagi untuk kedepannya, juga bisa mengembangkan komunikasi digital yang lebih efektif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel yang merupakan pengguna aplikasi Skill Academy juga sebagai peserta kartu prakerja 2020. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling - Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif untuk mengukur efektivitas media dengan menggunakan model dari Nielsen J, yaitu usability yang terdiri dari komponen learnability (mudah dipelajari), efficiency (efisien), memorability (kemudahan dalam mengingat), errors (pencegahan kesalahan), dan satisfaction (kepuasan pengguna). Metode penelitian ini menggunakan metode survei, paradigma penelitian positivisme, dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan secara jelas dan terperinci mengenai masalah yang sedang diteliti oleh peneliti. Sampel yang dipilih adalah 100 responden yang termasuk kedalam kriteria. Hasil dari penelitian ini untuk masing-masing variabel learnability (mudah dipelajari), efficiency (efisien), memorability (kemudahan dalam mengingat), errors (pencegahan kesalahan), dan satisfaction (kepuasan pengguna) menunjukan hasil yang sangat efektif yang diukur dengan menggunakan Likert Summating Rating (LSR) dengan otal skor berada pada 9263 pada range >Q3. Kata Kunci : efektivitas media, media digital, pemasaran digital

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 051
NIM/NIDN Creators: 44318110049
Uncontrolled Keywords: efektivitas media, media digital, pemasaran digital
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 15 Oct 2022 02:40
Last Modified: 15 Oct 2022 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70391

Actions (login required)

View Item View Item