ELFRIDA, MEUTIA (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN PRAKTIKUM DARING (Survey pada Mahasiswa Program Studi Penyiaran Multimedia Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Other (BAB II)
04. BAB 2.PDF Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi di era digital saat ini membuat komunikasi interpersonal tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka, melainkan bisa dilakukan secara jarak jauh menggunakan alat bantu media. Terlebih lagi dengan mewabahnya virus Covid-19 di seluruh dunia yang membuat aktivitas masyarakat dialihkan ke metode dalam jaringan, termasuk kegiatan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap pemahaman materi perkuliahan praktikum daring pada mahasiswa Program Studi Penyiaran Multimedia di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Teori komunikasi interpersonal Joseph DeVito (2011) menjelaskan bahwa hubungan komunikasi interpersonal yang efektif terbangun dari sikap keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan antara komunikator dan komunikan. Penelitian ini juga menggunakan teori pemahaman yang dikemukakan oleh David R. Krathwohl (2002), di mana teori ini menjelaskan bahwa pemahaman seseorang diukur dari dimensi mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menilai dan mencipta. Untuk menghubungkan komunikasi interpersonal dengan pemahaman (kognitif), penelitian ini juga menggunakan teori pemrosesan informasi sebagai teori penghubung. Paradigma positivistik, pendekatan kuantitatif survey, dengan teknik pengumpulan data dengan kuesioner pada mahasiswa/i Penyiaran Multimedia Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia angkatan 2019, 2020 dan 2021 sebanyak 131 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa komunikasi interpersonal dosen dan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman materi. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pemahaman Materi, Pemrosesan Informasi, Perkuliahan Daring.
Actions (login required)
View Item |