APRIYATNI, ATIKAH (2018) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA YOUTUBE SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN EDITING MAHASISWA/I UNIVERSITAS MERCUBUANA, IISIP DAN BSI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. HALAMAN COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiraan.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dalam pendidikan, pencapaian tujuan belajar teoritis harus diikuti dengan penguasaan keterampilan dan efektif yang baik. Seringkali keterbatasan media menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan tersebut. Perkembangan tekhnologi saat ini, telah menyumbangkan salah satu media sosial seperti Youtube sebagai media penunjang yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan teori S-O-R. teori S-O-R merupakan dasar dari teori jarum hipodermik, teori klasik mengenai terjadinya efek media massa yang sangat berpengaruh. Teori ini mengatakan bahwa perilaku dapat berubah apabila stimulus (rangsangan) yang diberikan benar-benar melebihi dari stimulus semula. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 650 responden yang diambil dari 3 Universitas, yaitu Universitas Mercubuana berjumlah 100 responden, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berjumlah 100 responden, dan Bina Sarana Informatika sebanyak 100 responden. Dari 300 responden semuanya berjenis laki-laki dan perempuan yang ber-Fakultas Ilmu Komuikasi. Setelah dilakukan pengujian koefisien korelasi didapatkan nilai sebesar 0,416 di UMB, nilai sebesar 0,505 di IISIP, dan nilai sebesar 0,461 di BSI yang menunjukkan jika hubungan diantara kedua variabel bernilai sedang, karena berada pada interval korelasi 0,40-0,599. Kata Kun
Actions (login required)
View Item |