Konsep Diri Generasi Z Dalam Menggunakan Aplikasi Tik-tok (Etnografi Khalayak Pada Generasi Z di Kota Serang)

ZULFIKAR, MEIBY (2022) Konsep Diri Generasi Z Dalam Menggunakan Aplikasi Tik-tok (Etnografi Khalayak Pada Generasi Z di Kota Serang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
55220110092-Meiby Zulfikar- 01 Cover - Arfian Ramdhan.pdf

Download (308kB)
[img] Text (ABSTRAK)
55220110092-Meiby Zulfikar-02 ABSTRAK - Arfian Ramdhan.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 1)
55220110092-Meiby Zulfikar-03 Bab 1 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB 2)
55220110092-Meiby Zulfikar-04 Bab 2 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB 3)
55220110092-Meiby Zulfikar-05 Bab 3 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB 4)
55220110092-Meiby Zulfikar-06 Bab 4 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB 5)
55220110092-Meiby Zulfikar-07 Bab 5 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55220110092-Meiby Zulfikar-08 Daftar Pustaka - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55220110092-Meiby Zulfikar- 09 LAMPIRAN - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PUBLIKASI)
img20220801_12505206 - Arfian Ramdhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Tingginya minat penggunaan sosial media tik-tok di kalangan masyarakat khususnya pada generasi Z (1995-2010) membuat platform tik-tok sebagai sosial media yang popular, hampir disetiap platform sosial media lainnya dapat ditemukan konten tik-tok. Dengan platform tik-tok setiap individu dapat menampilkan informasi dan dirinya untuk di publish. Isi konten tik-tok membuat suatu nilai yang dapat dipercayai sebagai informasi oleh generasi Z, mereka melihat isi konten tik-tok sebagai jendela dunia dan mengikuti trend yang ada dengan cepat baik dalam berbagai lini komunikasi yang berpengaruh pada gaya hidup dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan triananda dk menyatakan, bahwa penggunaan media sosial lebih banyak digunakan secara berlebihan, tidak ada batas kehidupan nyata dan kehidupan di dunia maya, maka demikian berpengaruh pada gaya hidup (Triananda, Dewi and Furnamasari, 2021). Fenomena penggunaan platform sosial media tik-tok akan membentuk suatu perilaku dalam gaya hidup manusia menarik untuk kaji untuk melihat konsep diri yang terbentuk dari dampak penayangan berkelanjutan dikonsumsi oleh generasi Z. Peneliti menggunakaan paradigma kontruktivis dengan tipe deskrptif interpreatif. Metode yang digunakan pada penilitian adalah etnogafi khalayak, dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk melihat penerimaan dan pembentukan konsep diri generasi Z sebagai pengguna tik-tok. Penelitian menggunakan tehnik forum grup diskusi (FGD) terhadap 7 informan yang masing-masing merupakan berada pada jenjang umur generasi Z sebagai pengguna aktif sosial media tik-tok sebagai pengguna yang menggunakan platform tik-tok lebih dari 4 jam sehari dan lebih dari 6 bulan. Hasil penelitian ini munjukan bahwa pengguna melihat jendela luar dunia melalui tik-tok, dimaknai dan di ikuti sebagai trend. Tik-tok secara garis besar membentuk konsep diri generasi Z dengan konsep diri kosmopolitan, tidak adanya batas dengan canggihnya teknologi untuk dapat terkoneksi satu sama lain dengan individu dan kelompok lainnya. Kata kunci : Sosial Media, Tik-tok, Konsep Diri, Generasi Z The high interest in the use of tik-tok social media among the public, especially in generation Z (1995-2010) makes the tik-tok platform a popular social media, almost every other social media platform can be found tik-tok content. With the tik-tok platform, every individual can display information and himself to publish. The content of tik-tok content makes a value that can be trusted as information by generation Z, they see the content of tik-tok content as a window to the world and follow existing trends quickly both in various lines of communication that affect lifestyle as evidenced by research conducted by Triananda et al stated, that the use of social media is more widely used excessively, there is no limit to real life and life in the virtual world, so it affects lifestyle (Triananda, Dewi and Furnamasari, 2021). The phenomenon of using tik-tok social media platforms will shape a behavior in the human lifestyle, it is interesting to examine to see the self-concept formed from the impact of continuous viewing consumed by generation Z. Researchers use a constructivist paradigm with an interpreative descriptive type. The method used in the research is audience ethnogaphy, with a qualitative approach and a descriptive type of research. The purpose of this study is to look at the acceptance and formation of generation Z's self-concept as tik-tok users. The study used discussion group forum (FGD) techniques for 7 informants, each of whom is at the age level of generation Z as active users of tik-tok social media as users who use the tik-tok platform more than 4 hours a day and more than 6 months. The results of this study suggest that users see windows outside the world through tik-tok, interpreted and followed as a trend. Tik-tok broadly forms the self-concept of generation Z with a cosmopolitan self-concept, the absence of limits with advanced technology to be able to connect with each other with other individuals and groups. Keywords : Social Media, Tik-tok, Self-Concept, Generation Z

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55220110092
Uncontrolled Keywords: Sosial Media, Tik-tok, Konsep Diri, Generasi Z;Social Media, Tik-tok, Self-Concept, Generation Z;Media Industri dan Bisnis
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:20
Last Modified: 18 Aug 2022 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67918

Actions (login required)

View Item View Item