DWIYANTO, ABDULAH (2019) KAJIAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PELICAN CROSSING BAGI PENYEBRANG JALAN (Studi Kasus : Jalan M. H. Thamrin, Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. Cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
5. kata Pengantar.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text
9. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text
10. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Analisis Efektifitas Penggunaan Pelican Crossing Bagi Penyebrang (Studi Kasus : Jalan M. H. Thamrin, Jakarta). Nama : Abdulah Dwiyanto, NIM : 41115310047, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan, S.T., M.Sc., 2019. Pemerintah kota DKI Jakarta dalam menyambut pergelaran Asian Games 2018 memutuskan untuk mengganti jembatan penyebrangan orang dengan pelican crossing sebagai fasilitas pejalan kaki. Pergantian sarana pejalan kaki ini akan berdampak terhadap kondisi lalu lintas di jalan M. H. Thamrin, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui fasilitas penyebrangan yang paling cocok dengan menggunakan perhitungan PV2 , dan mengetahui berapa waktu tundaan maksimum dan panjang antrian maksimum lalu lintas pengaruh pelian crossing menggunakan analisis regresi linier berganda serta mengetahui tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap penggunaan fasilitas penyebrangan pelican crossing dengan menyebarkan quisioner. Berdasarkan perhitungan PV2 didapatkan hasil PV2 = 5.03 x 109 berarti fasilitas yang tepat adalah pelican crossing dengan lapak tunggu. Model yang memiliki hubungan antara panjang antrian (Y) dengan frekuensi penyebrangan (X1) dan jumlah kendaraaan terhenti (X2) adalah Y = 0,974 – 0,349X1 + 4,993X2 dan model yang mewakili hubungan antara waktu tunggu (Y) dengan frekuensi penyebrangan (X1) dan jumlah kendaraaan terhenti (X2) adalah Y = 4,524 + 3,71X1 + 14,547X2. Panjnag antrian maksimal adalah 92,26 meter dan waktu tundaan maksimal adalah 116,5 detik. Tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap penggunaan fasilitas pelican crossing cukup tinggi berada pada rating scale puas. Kata kunci : Pelican crossing, Tundaan, Antrian ABSTRACT Title : Effectiveness Usage Analysis of Pelican Crossing for Pedestrian (Case Study : M. H. Thamrin Street Jakarta). Name : Abdulah Dwiyanto, NIM : 41115310047, Supervisor : Widodo Budi Dermawan, S.T., M.Sc., 2019. To welcoming the 2018 Asian Games, DKI Jakarta government decided to replace pedestrian bridge with pelican crossing as a pedestrian facility. The change of pedestrian facilities will make an impact of a traffic condition on M.H. Thamrin street. The research method to find out the most suitable pedestrian facilities is using the calculation of PV2 and find out maximum time of stopped delay and maximum length of queue vehicles is using multiple regression also to find out the level of Pelican Crossing usage satisfaction by sent questionnaires to pedestrian. The result of PV2 is 5.03 x 109 , means the right facility is pelican crossing with waiting stall. The model that represent relation between the length of queue (Y) with crossing frequency (X1) and amount of stopped car (X2) is Y = 0,974 – 0,349X1 + 4,993X2 and the model that represent relation between stopped delay (Y) with crossing frequency (X1) and amount of stopped car (X2) is Y = 4,524 + 3,71X1 + 14,547X2. The maximum queue length is 96,26 meters long and maximum stopped delay is 116,5 seconds. The level of Pelican Crossing usage satisfaction is high enough with satisfied in scale rating. Keywords : Pelican crossing, delay, queue
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 19 025 |
NIM/NIDN Creators: | 41115310047 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pelican crossing, Tundaan, Antrian |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:09 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66108 |
Actions (login required)
View Item |