HUTAMI, WANDA FEMILA (2022) AKTIVITAS PUBLIKASI HUMAS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BOGOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Information management is one of the activities carried out by Public Relations. Public Relations (PR) is a field that handles outgoing and incoming information in an institution or organization. Public Relations has a very important role to manage the public in an institution. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor has the task of providing information about the government to the public as stated in UU No. 14 of 2008 about concerning information disclosure. This research the main theory of publication with the concept used is the concept of a publication strategy developed by Lawrence W. Nolte and Dennis L. Wilcox and used during Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor. This research uses a post-positivistme research paradigm with a qualitative descriptive method. Data collection techniques were carried out by interviewing the staff of the Public Communication Section of Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor. Data analysis techniques used in this research are data reduction, display, and data verification. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor has several strategies carried out during publication activities, namely defining problems, identifying goals, identifying audiences, developing strategies, planning implementation, planning time, setting budget funds, and evaluating the success of publications. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor takes several steps in publication activities such as problem identification, goal identification, audience identification, strategy development, implementation planning, time planning, budgeting and evaluation of publication activities. There are several research suggestions, namely, in carrying out the evaluation of the success of the Bogor Regency Communication and Information Office developing evaluation steps through audience research. Keywords: Information, Strategy, Publication. Pengelolaan informasi tentunya menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Humas. Hubungan Masyarakat (Humas) adalah sebuah bidang yang menangani informasi keluar maupun ke dalam di sebuah lembaga ataupun organisasi. Humas memiliki peran yang sangat penting untuk mengelola publiknya dalam sebuah lembaga. Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor memiliki tugas untuk memberikan informasi tentang pemerintahan kepada publiknya sebagaimana yang telah dituliskan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi. Penelitian ini menggunakan teori utama publikasi dengan konsep yang digunakan adalah konsep strategi publikasi yang dikembangkan oleh Lawrence W. Nolte dan Dennis L. Wilcox dan digunakan pada saat dilakukannya kegiatan publikasi yang telah menjadi aktivitas rutin Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian post-positivisme dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap staf Seksi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display dan verifikasi data. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor memiliki beberapa langkah yang dilakukan saat kegiatan publikasi, yaitu mendefinisikan masalah, mengidentifikasi tujuan, mengidentifikasi khalayak, mengembangkan strategi, perencanaan pelaksanaan, perencanaan waktu, menetapkan anggaran dana, dan mengevaluasi keberhasilan publikasi. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor melakukan beberapa langkah dalam kegiatan publikasi seperti identifikasi masalah, identifikasi tujuan, identifikasi khalayak, pengembangan strategi, perencanaan pelaksanaan, perencanaan waktu, penetapan anggaran dan evaluasi kegiatan publikasi. Ada beberapa saran penelitian yaitu, dalam melaksanakan evaluasi keberhasil Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor mengembangkan langkah-langkah evaluasi melalui riset khalayak. Kata kunci: Informasi, Strategi, Publikasi
Actions (login required)
View Item |