POTRET INDEPEDENSI JURNALIS MASA KAMPANYE PILPRES 2014 (STUDI KASUS JURNALIS TELEVISI)

WARDANA, HENDRATA YUDA (2015) POTRET INDEPEDENSI JURNALIS MASA KAMPANYE PILPRES 2014 (STUDI KASUS JURNALIS TELEVISI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf

Download (349kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DP DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Masalah yang menjadi objek penelitian adalah independensi jurnalis televisi ketika masa kampanye pilpres 2014. Independensi jurnalis mengalami hambatan ketika memproduksi berita. Hal ini bisa dilihat dari berita-berita mengenai capres yang jumlahnya tidak berimbang, cenderung membesarkan satu capres dan menjelek-jelekkan capres kompetitornya. Penelitian ini bertujuan mengkontruksi proses produksi berita televisi, realitas independensi dan bagaimana merawat independensi jurnalis. Menggunakan metode studi kasus, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan informasi dilakukan wawancara mendalam, dan penelusuran dokumen terkait. Landasan teorinya Shoemaker & Reese. Hasil penelitian ini, organisasi media yang menempatkan pemilik media massa di struktur tertinggi organisasi, mempengaruhi isi beritanya. Upaya merawat sikap independensi jurnalis tantangan berat jurnalis televisi. Kata kunci: independensi, jurnalis televisi, berita pilpres, studi kasus, kualitatif.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-105
NIM/NIDN Creators: 55213110023
Uncontrolled Keywords: independensi, jurnalis televisi, berita pilpres, studi kasus, kualitatif. CORCOM, KORPORATE KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 02 Jul 2022 07:44
Last Modified: 08 Mar 2023 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64358

Actions (login required)

View Item View Item