YULIARTI, RESZYNIA (2020) PENGARUH PERSONAL BRANDING FOOD ENTHUSIAST ULFAH YUNITA PUTRI UTAMI PADA INSTAGRAM @AGAKENYANG TERHADAP MINAT KONSUMEN KULINER (Survei Terhadap Followers Food Enthusiast Ulfah Yunita Putri Utami Pada Instagram @Agakenyang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
01 Cover NEW.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
2. BAB 1 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB 2)
4. BAB 3 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text (BAB 3)
5. BAB 4 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
||
Text (BAB 4)
6. BAB 5 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
Abstract
Komunikasi menurut Carl I. Hovland merupakan proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya. Di era teknologi baru, komunikasi kini banyak dilakukan melalui media sosial. Media sosial telah menjadi media yang berpotensi sebagai sarana marketing, komunikasi massa, sekaligus sebagai media public relations. Personal brand merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara dalam benak orang lain. Dengan tujuan akhir agar orang lain dapat memiliki pandangan positif atau persepsi positif sehingga bisa berlanjut ke trust atau ke aksi-aksi lainnya. Sebuah personal brand yang kuat selalu terdapat tiga hal mendasar yang menyatu seperti yang pernah ditulis McNally & Speak (2004), yaitu kekhasan, relevansi dan konsistensi. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan tipe penelitian eksplanasi dan metode penelitian survei. Dalam melakukan penelitian pada instagram @agakenyang, penulis membuat kuesioner yang kemudian disebarkan kepada followers instagram @agakenyang. Teknik penarikan sampel yang digunakan oleh penulis adalah convenience sampling atau sering disebut juga incidental sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu pearson’s correlation (product moment), uji normalitas data, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini ditemukan hasil (i) Dimensi kekhasan dengan dimensi minat transaksional, minat preferensial dan minat eksploratif memiliki tingkat hubungan yang sedang diantara nilai 0,40 – 0,599, (ii) Dimensi relevansi dengan dimensi minat eksploratif memiliki tingkat hubungan yang kuat, yaitu dengan nilai 0,625, (iii) Dimensi konsistensi dengan dimensi minat transaksional memiliki tingkat hubungan yang kuat, yaitu dengan nilai 0,601 dan (iv) Pengaruh hubungan variabel X (Personal Branding) terhadap variabel Y (Minat Konsumen Kuliner) adalah sebesar 0,730 yang termasuk kategori hubungan kuat. Kata kunci : Komunikasi, Personal Branding, Minat Konsumen Kuliner
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 20 139 |
Call Number: | SK/42/21/039 |
NIM/NIDN Creators: | 44216110008 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Personal Branding, Minat Konsumen Kuliner |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.5 Consumer Cooperatives/Koperasi Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 13:50 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 02:12 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58612 |
Actions (login required)
View Item |