PENGARUH PERSONAL BRANDING FOOD ENTHUSIAST ULFAH YUNITA PUTRI UTAMI PADA INSTAGRAM @AGAKENYANG TERHADAP MINAT KONSUMEN KULINER (Survei Terhadap Followers Food Enthusiast Ulfah Yunita Putri Utami Pada Instagram @Agakenyang)

YULIARTI, RESZYNIA (2020) PENGARUH PERSONAL BRANDING FOOD ENTHUSIAST ULFAH YUNITA PUTRI UTAMI PADA INSTAGRAM @AGAKENYANG TERHADAP MINAT KONSUMEN KULINER (Survei Terhadap Followers Food Enthusiast Ulfah Yunita Putri Utami Pada Instagram @Agakenyang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
01 Cover NEW.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 3 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 4 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 5 NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN NEW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Komunikasi menurut Carl I. Hovland merupakan proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya. Di era teknologi baru, komunikasi kini banyak dilakukan melalui media sosial. Media sosial telah menjadi media yang berpotensi sebagai sarana marketing, komunikasi massa, sekaligus sebagai media public relations. Personal brand merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara dalam benak orang lain. Dengan tujuan akhir agar orang lain dapat memiliki pandangan positif atau persepsi positif sehingga bisa berlanjut ke trust atau ke aksi-aksi lainnya. Sebuah personal brand yang kuat selalu terdapat tiga hal mendasar yang menyatu seperti yang pernah ditulis McNally & Speak (2004), yaitu kekhasan, relevansi dan konsistensi. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan tipe penelitian eksplanasi dan metode penelitian survei. Dalam melakukan penelitian pada instagram @agakenyang, penulis membuat kuesioner yang kemudian disebarkan kepada followers instagram @agakenyang. Teknik penarikan sampel yang digunakan oleh penulis adalah convenience sampling atau sering disebut juga incidental sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu pearson’s correlation (product moment), uji normalitas data, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Dalam penelitian ini ditemukan hasil (i) Dimensi kekhasan dengan dimensi minat transaksional, minat preferensial dan minat eksploratif memiliki tingkat hubungan yang sedang diantara nilai 0,40 – 0,599, (ii) Dimensi relevansi dengan dimensi minat eksploratif memiliki tingkat hubungan yang kuat, yaitu dengan nilai 0,625, (iii) Dimensi konsistensi dengan dimensi minat transaksional memiliki tingkat hubungan yang kuat, yaitu dengan nilai 0,601 dan (iv) Pengaruh hubungan variabel X (Personal Branding) terhadap variabel Y (Minat Konsumen Kuliner) adalah sebesar 0,730 yang termasuk kategori hubungan kuat. Kata kunci : Komunikasi, Personal Branding, Minat Konsumen Kuliner

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 139
Call Number: SK/42/21/039
NIM/NIDN Creators: 44216110008
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Personal Branding, Minat Konsumen Kuliner
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.5 Consumer Cooperatives/Koperasi Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Mar 2022 13:50
Last Modified: 25 Mar 2023 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58612

Actions (login required)

View Item View Item