ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN IRIGASI SIPON - JALAN MAULANA HASANUDIN, CIPONDOH, KOTA TANGERANG

JAJULI, RIZKY ARIEFIAN (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN IRIGASI SIPON - JALAN MAULANA HASANUDIN, CIPONDOH, KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
18. Lembar Pernyataan.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
19. Lembar Pengesahan.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
5. DAFTAR TABEL.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB II)
9. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
10. Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
11. Bab IV Hasil _ Analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
12. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)

Abstract

Persimpangan Jalan Maulana Hasanudin – Jalan Irigasi Sipon. Banyak aktifitas di ruas Jalan Maulana Hasanudin – Jalan Irigasi Sipon dan tidak terdapat lampu lalu lintas. Hal ini menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas yang mengakibatkan meningkatnya konflik yang timbul dan dapat menyebabkan turunnya kecepatan arus lalu lintas serta tingkat keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Untuk itu diperlukan pengevaluasian terhadap kinerja simpang tak bersinyal pada Jalan Maulana Hasanudin – Jalan Irigasi Sipon. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengumpulan data yang diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil survey volume lalu lintas, geometrik jalan dan sebagainya pada jam sibuk di hari kerja. Sedangkan data sekunder didapatkan dari peta lokasi simpang tersebut. Setelah pengumpulan data tersebut, lalu hasil pengolahan data dibantu dengan menggunakan perhitungan berdasarkan MKJI 1997 dan Peraturan Menteri perhubungan No KM 14 tahun 2006. Dari hasil analisis dan pengolahan data simpang didapatkan peluang antrian dengan LOS F pada periode pagi dan sore, sedangkan periode siang didapatkan LOS D. Dengan analisis menggunakan alternatif 1 didapatkan nilai peluang antrian dengan LOS F pada periode pagi dan sore, sedangkan periode siang didapatkan LOS D. Lalu dihitung kembali dengan data analisis alternatif 2 didapatkan peluang antrian dengan LOS C pada 3 periode. Hasil alternatif 2 yaitu dari total semua kendaraan, sepeda motor memiliki prosentase sebesar 45% dan kendaraan besar memiliki prosentase sebesar 6% dari total kendaraan yang ada, maka optimasi kinerja dilakukan dengan pengalihan lalul intas di saat jam sibuk pada pagi pukul 06.00 - 09.00 dan sore pukul 16.00-19.00. Memasang rambu-rambu dilarang berjualan disepanjang jalan, dilarang parkir dan dilarang berhenti. Hasil analisis dan pengolahan data untuk kinerja ruas didapatkan peluang antrian dengan LOS C pada periode pagi dan siang, sedangkan periode Sore didapatkan LOS D. Dengan analisis menggunakan alternatif 1 dengan penempatan rambu dilarang parkir, dilarang berhenti serta dilarang berjualan di sepanjang jalan didapatkan nilai peluang antrian dengan LOS C pada 3 periode yaitu pagi, siang dan sore dengan nilai DS 0,68. Lalu dihitung kembali dengan data analisis alternatif 2 dengan menambahkan pelarangan jam operasional bagi kendaraan berat di saat jam sibuk pada pagi pukul 06.00 - 09.00 dan sore pukul 16.00-19.00 didapatkan peluang antrian dengan LOS C pada 3 periode didapatkan nilai DS 0,617. Kata Kunci : Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas Simpang, Kinerja Ruas dan Kemacetan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 222
NIM/NIDN Creators: 41116120057
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas Simpang, Kinerja Ruas dan Kemacetan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics > 511.4 Approxiamations and Expansions/Prakiraan dan Ekspansi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:47
Last Modified: 15 Sep 2022 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58362

Actions (login required)

View Item View Item