EVALUASI KEMAMPUAN PUBLIC RELATIONS PADA FRONT OFFICE PT BPD KALTIM KALTARA CABANG KHUSUS JAKARTA

RAKHMAN, SANTI (2021) EVALUASI KEMAMPUAN PUBLIC RELATIONS PADA FRONT OFFICE PT BPD KALTIM KALTARA CABANG KHUSUS JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.Cover.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

PT BPD Kaltim Kaltara Jakarta Special Branch as a hospitality industry bank has a Front Office which in carrying out its duties carries out the function of public relations, because this bank represents PT BPD Kaltim Kaltara Pusat which develops a public relations function to provide excellent service (service excellence) to customers in order to create good image of the company and make it highly loyal to the bank. The theory used in this research is interpersonal communication theory and problem solving theory. According to interpersonal theory, interpersonal communication is the sending of messages from someone and received by others with direct effects and feedback, so that the goal is to create and maintain meaningful relationships, change attitudes and behavior, and provide help in solving problems that can be realized through concepts. customer service that has been determined by the bank concerned. Meanwhile, the theory of problem solving, it is very possible to be able to solve problems faced by customers realistically, and can stimulate the development of thinking progress of front office officers to solve problems at hand. In this research, the paradigm used is the social construction paradigm using qualitative methods through a case study approach. The data sources consisted of primary and secondary data through interview techniques, documentation and literature study which were analyzed qualitatively. The results of the study concluded that the communication skills of PT BPD Kaltim Kaltara Jakarta Special Branch based on SKKN measurements did not appear to be carried out optimally, as indicated by a lack of interest in discussing with customers regarding services, and a lack of interest in asking questions related to problems in front office work. everyday at the meeting. Communication barriers faced are influenced by factors lack of communication skills, not mastering banking products at any time, differences in culture or culture of customers served, physical factors and system disturbances. Keywords: Evaluation, Communication Skills, Front Office. PT BPD Kaltim Kaltara Cabang Khusus Jakarta sebagai bank hospitality industry mempunyai Front Office yang dalam menjalankan tugasnya menjalankan fungsi public relations, karena bank ini sebagai wakil PT BPD Kaltim Kaltara Pusat yang mengembangkan fungsi public relations untuk memberikan pelayanan prima (service excellence) kepada nasabah agar tercipta citra baik perusahaan dan menjadikan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap bank tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal dan teori problem solving. Menurut teori interpersonal, komunikasi antar pribadi merupakan pengiriman pesan dari seseorang dan diterima oleh orang lain dengan efek dan umpan balik yang langsung, sehingga tujuan untuk menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna, mengubah sikap dan prilaku, dan memberikan bantuan memecahkan masalah yang dapat diwujudkan melalui konsep pelayanan nasabah yang telah ditetapkan oleh bank yang bersangkutan. Sedangkan teori problem solving, sangat dimungkinkan diperlukan untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapi nasabah secara realistis, dan dapat merangsang perkembangan kemajuan berpikir petugas front office untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat. Dalam penelitian ini, paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruksi sosial dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder melalui teknik wawancara, dokumentansi dan studi kepustakaan yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa keterampilan komunikasi front office PT BPD Kaltim Kaltara Cabang Khusus Jakarta berdasarkan pengukuran SKKN belum nampak dilakukan dengan maksimal yang ditunjukkan dengan kurangnya minat dalam berdiskusi dengan nasabah terkait dengan pelayanan, dan tidak adanya minat untuk bertanya terkait dengan permasalahan dalam pekerjaan front office sehari-hari pada saat meeting. Hambatan berkomunikasi yang dihadapi dipengaruhi oleh faktor kurang memiliki keterampilan berkomunikasi, tidak menguasai produk-produk perbankan setiap saat, adanya perbedaan kultur atau budaya nasabah yang dilayani, faktor fisik dan gangguan system. Kata Kunci : Evaluasi, Keterampilan Komunikasi, Front Office.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215120001
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Keterampilan Komunikasi, Front Office.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:36
Last Modified: 15 Mar 2022 07:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58011

Actions (login required)

View Item View Item