ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN SULTAN AGUNG – JALAN ALEXINDO BEKASI

FRIDAYANTI, MIESKE KARINA (2018) ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN SULTAN AGUNG – JALAN ALEXINDO BEKASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
9. Bab 1 Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
10. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
11. Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
12. Bab 4 Analisis Data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
13. Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal dan Ruas Jalan Sultan Agung – Jalan Alexindo Bekasi, Nama : Mieske Karina Fridayanti, Nim : 41116320075, Dosen Pembimbing : Muhammad Isradi, ST, MT, 2018. Simpang Alexindo adalah salah satu Simpang Tiga Tak Bersinyal yang berada di Kota Bekasi dengan Jalan Sultan Agung sebagai jalan Utama dan terhubung langsung dengan Jalan Alexindo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja simpang tiga tak bersinyal dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Adapun data primer berupa data kondisi arus lalu lintas, geometrik persimpangan dan kondisi lingkugan. Data sekunder meliputi pertumbuhan penduduk dan peta jaringan jalan. Pengumpulan data lalu lintas dilakukan dengan menggunakan rekaman video pada hari Selasa, Jumat dan Minggu pada jam pagi 06.00-08.00, siang 11.00-13.00 dan sore 16.00-18.00. Data ini diolah menggunakan Microsoft Excel berdasarkan manual MKJI 1997 dan hasil yang diperoleh dibuat dalam bentuk tabel dan grafik. Dari tabel dan grafik tersebut dapat diketahui volume lalu lintas, komposisi lalu lintas, serta jam puncak yang terjadi pada persimpangan tersebut. Hasil perhitungan pada jam puncak dengan arus tertinggi yaitu pada hari Jumat jam 17.00-18.00 yang diperoleh volume arus lalu lintas pada persimpangan ini sebesar 8375 (smp/jam) dan pada Jalan Sultan Agung sebesar 2756.1 (smp/jam). Nilai kapasitas kondisi eksisting pada Simpang Alexindo yaitu 3316. 9 (smp/jam) dan pada Jalan Sultan Agung yaitu 3142 (smp/jam) . Tundaan lalu lintas simpang sebesar 36.42 (det/smp). Nilai derajat kejenuhan pada kondisi eksisting sebesar 2.52 pada Simpang Alexindo dan 0.89 pada Jalan Sultan Agung yang melebihi ketetapan Manual Kapasitas Jalan Indonesia yaitu 0,75. Kata kunci : simpang tiga tak bersinyal, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian. 4 ABSTRACT Simpang Alexindo is one of No-Signal Three-way Junctions in Bekasi with Sultan Agung Road as a Main road connected directly to the Alexindo Road as the Minor Road . The purpose of this study is to analyze the performance of the No-Signal Three-Way Junctions by using the Indonesian Highway Capacity Manual 1997. Data required in this study are primary and secondary data. The primary data is in the form of the condition data of traffic, intersection geometric, and environment. Secondary data includes the population growth and the map of the road network. Traffic data were collected by using video recording on Tuesday, Friday and Sunday at 6.00 a.m. – 8.00 a.m., 11.00 p.m. – 1.00 p.m and 4.00 p.m. – 6.00 pm. These data were processed by using Microsoft Excel based on MKJI 1997 and and the results were made in the form of tables and graphics. From the tables and graphics, it could be known for the traffic volume, composition, and the peak hours occured in the intersections. The calculation on the peak hour with the current highest peak is on Friday, 5.00 p.m. - 6:00 p.m. in which the traffic volume is 8375 (smp / hour) at the intersection and 2756 (smp/hour) at Sultan Agung Rd . The capacity value of the existing condition on Simpang Alexindo is 3316.9 (smp / hour) and 3142 (smp/hour) on Sultan Agung Rd. The traffic delay in the intersection is 36.42 (det / smp). The degree of saturation at the existing condition is 2.52 on Simpang Alexindo and 0.89 on Sultan Agung Rd , higher than the provision in Indonesian Highway Capacity Manual which is 0,75. Keywords : no-signal three-way junction, degree of saturation, delay, and queue chance.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 18 082
NIM/NIDN Creators: 41116320075
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : simpang tiga tak bersinyal, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:42
Last Modified: 09 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57572

Actions (login required)

View Item View Item