ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN DENGAN METODE MKJI PADA SIMPANG PULO RIBUNG JALAN RAYA PEKAYON KOTA BEKASI

ARIANTO, FATHONI (2018) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DAN RUAS JALAN DENGAN METODE MKJI PADA SIMPANG PULO RIBUNG JALAN RAYA PEKAYON KOTA BEKASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1 Halaman Muka.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Lembar Pernyataan.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Kata Pengantar.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Daftar Gambar.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Daftar Tabel.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 Daftar Lampiran.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
10 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
13 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
14 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal dan Ruas Jalan dengan Metode MKJI pada Simpang Pulo Ribung Jalan Raya Pekayon Kota Bekasi. Nama : Fathoni Arianto, NIM : 41116320018, Dosen Pembimbing : Widodo Budi Dermawan, S.T, M.Sc, 2018. Simpang Pulo Ribung adalah salah satu Simpang Tiga Tak Bersinyal yang berada di lintas jalan Raya Pekayon sebagai jalan penghubung langsung ke pusat Kota Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja simpang tiga tak bersinyal dan ruas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data yang diperlukan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Adapun data primer berupa data kondisi arus lalu lintas, geometrik persimpangan dan kondisi lingkugan. Data sekunder meliputi peta jaringan jalan. Pengumpulan data lalu lintas dilakukan dengan menggunakan rekaman video pada hari Selasa, Kamis dan Minggu pada jam pagi 06.00-08.00, siang 11.00-13.00 dan sore 16.00-18.00. Data ini diolah menggunakan Microsoft Excel berdasarkan manual MKJI 1997 dan hasil yang diperoleh dibuat dalam bentuk tabel. Dari tabel tersebut dapat diketahui volume lalu lintas, komposisi lalu lintas, serta jam puncak yang terjadi pada persimpangan tersebut.. Dari hasil survey dilapangan dan hasil perhitungan analisis data yang telah dilakukan, maka di dapat hasil kinerja ruas jalan Raya Pekayon, volume lalu lintas tertinggi pada hari Selasa pukul 16.45-17.45 WIB dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,81 termasuk pada tingkat pelayanan D. Selanjutnya dilakukan alternatif agar kinerja ruas membaik dengan rekayasa perbaikan hambatan samping, dengan nilai derajat kejenuhan menjadi 0,74 yang telah termasuk pada tingkat pelayanan C. Hasil perhitungan kinerja simpang pada jam puncak dengan arus tertinggi yaitu pada hari selasa jam 07.00-08.00 yang diperoleh volume arus lalu lintas pada persimpangan ini sebesar 4255 (smp/jam). Nilai kapasitas kondisi eksisting pada Simpang Pulo Ribung yaitu 3599 (smp/jam). Tundaan lalu lintas simpang sebesar 32,37 (det/smp). Nilai derajat kejenuhan pada kondisi eksisting sebesar 1,18 dengan tingkat pelayanan jalan F, melebihi ketetapan Manual Kapasitas Jalan Indonesia yaitu 0,75 atau dengan tingkat pelayanan jalan C. Nilai tundaan simpang yaitu 36,36 (det/smp) dan peluang antrian simpang sebesar 56,86% sampai dengan 115,19%. Alternatif pada simpang dilakukan dua cara, mengubah hambatan samping, kemudian melarang lalu lintas simpang untuk belok kanan. Kata kunci : Simpang tak bersinyal, Ruas Jalan, MKJI 1997, Level of Service (LoS). ABSTRACT Title: Performance Analysis of Intersection and Road Segment with MKJI Method on Simpang Pulo Ribung Jalan Raya Pekayon Kota Bekasi. Name: Fathoni Arianto, NIM: 41116320018, Supervisor: Widodo Budi Dermawan, S.T, M.Sc, 2018. Pulo Ribung intersection is one of the Unsignalyzed Intersections that are on the Pekayon Street as a direct connecting road to the center of Bekasi City. The purpose of this study is to analyze the performance of the unsignalyzed intersection and road segments using the Indonesian Road Capacity Manual 1997. The data needed in this research are primary data and secondary data. The primary data in the form of data traffic flow conditions, geometric intersections and environmental conditions. Secondary data includes road network maps. Traffic data collection is done by using video footage on Tuesdays, Thursdays and Sundays at 6:00 am to 8:00 am, noon from 11:00 to 13:00 and afternoon 16:00 to 18:00. This data is processed using Microsoft Excel based on the MKJI manual 1997 and the results obtained are made in tabular form. From the table can be seen the volume of traffic, traffic composition, and peak hours that occur at the intersection. From the fiield survey results and the results of the calculation of data analysis has been done, then in the results of the performance of Pekayon Highway, the highest traffic volume on Tuesday at 16:45 to 17:45 pm with the value of saturation degree (DS) of 0.81 including the level of service D. Furthermore, an alternative is made to improve the performance of the segment with side side barrier engineering, with the degree of saturation to 0.74 which has been included in service level C. The result of calculation of performance of intersection at peak hour with the highest current that is on Tuesday at 07.00-08.00 obtained by volume of traffic flow at this intersection of 4255 (smp / hour). The capacity of the existing condition at Simpang Pulo Ribung is 3599 (smp / hour). Traffic delay of 32.37 (det / smp). The value of degree of saturation in the existing condition is 1.18 with the level of road service F, exceeding the Indonesian Road Capacity Manual stipulation is 0.75 or with the level of service road C. The intersection delay value is 36.36 (det / smp) and the queue intersection opportunities equal to 56.86% up to 115.19%. Alternatives to intersections are done two ways, change the side barrier, then prohibit traffic intersection to turn right. Keywords: Unsignalyzed Intersection, Road Section, MKJI 1997, Level of Service (LoS).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP 18 065
NIM/NIDN Creators: 41116320018
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Simpang tak bersinyal, Ruas Jalan, MKJI 1997, Level of Service (LoS).
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:29
Last Modified: 02 Mar 2022 07:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57046

Actions (login required)

View Item View Item