STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN POPULARITAS DAN AKSEPTABILITAS ( Studi Kasus : Caleg Perempuan Sylvia Sultana Dari Partai Golkar Dapil Jatim II )

ENDIYANI, CISILIA MAULINA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALEG PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN POPULARITAS DAN AKSEPTABILITAS ( Studi Kasus : Caleg Perempuan Sylvia Sultana Dari Partai Golkar Dapil Jatim II ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan .pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
4. Surat Pernyataan.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (Bab 2)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB 3)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB 4)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text (BAB 5)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Lampiran)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Strategi komunikasi politik adalah suatu proses untuk menentukan teknik penyampaian pesan-pesan politik yang biasa digunakan oleh para politisi (komunikator) kepada publik (komunikan). Strategi ini merupakan elemen penting untuk mencapai tujuan politik utama, terutama calon legislatif perempuan Partai Golkar Dapil Jatim II dalam membangun popularitas dan akseptabilitas, mengingat tingginya tingkat persaingan dalam pemilu 2019 di Dapil Jawa timur II yaitu Kab/Kota Pasuruan dan Kab/Kota Probolinggo. Melalui strategi komunikasi politik, masyarakat memastikan apakah aspirasi pendukung dan pemantauan telah disampaikan dengan baik dan dimasukkan ke dalam berbagai kebijakan publik. Selain itu, penguatan konsep strategi ini disebabkan oleh penguatan demokrasi Indonesia. Keterwakilan perempuan memberikan kesempatan dan kedudukan yang sama bagi wanita untuk melaksanakan peranannya dalam bidang eksekutif, yudikatif, legislatif, kepartaian, dan pemilihan umum menuju keadilan dan kesetaraan gender. Pemerintah Indonesia mulai menerapkan affirmative action (tindakan afirmatif) untuk menaikan keterwakilan perempuan dalam politik dan agar memenuhi ketentuan kuota 30% caleg perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik calon legislatif Perempuan Partai Golkar di daerah pemilihan Jawa Timur II dalam membangun popularitas dan akseptabilitas menjelang pemilu 2019. Ada 5 (lima) informan dalam penelitian ini yang merupakan dari Tim sukses Sylvia Sultana dan perwakilan dari warga setempat Kab/Kota Pasuruan dan Kab/kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumen-dokumen untuk menganalisis strategi komunikasi politik caleg perempuan Sylvia Sultana dari Partai Golkar dapil Jawa Timur II untuk membangun popularitas dan akseptabilitas pada pemilu 2019. Hasil penelitian Sylvia Sultana menggunakan strategy komunikasi politik dengan menerapkan kajian teori dari Dannimo dengan unsur-unsur komunikasi yaitu Komunikator politik, pesan politik, media, khalayak komunikasi politik dan efek komunikasi politik. Kata Kunci : Strategi, komunikasi politik, keterwakilan perempuan, popularitas, dan akseptabilitas Political communication strategy is a process to determine the technique of delivering political messages that are commonly used by politicians (communicators) to the public (communicants). This strategy is an important element to achieve the main political goals, especially the Legislative candidates of the Golkar party of East Java electoral District II. in building popularity and acceptability, given the high level of competition in the 2019 elections in East Java electoral District II , Pasuruan District/City and Probolinggo District / City. Through a political communication strategy, the public ascertains whether supporting aspirations and monitoring have been well presented and incorporated into various public policies. In addition, the strengthening of the concept of strategy is due to strengthening democracy in Indonesia. Women's representation provides equal opportunities and positions for women to carry out their roles in the executive, judiciary, legislative, party, and general elections towards justice and gender equality. The Indonesian government began to implement affirmative action to increase women's representation in politics and to fulfill the 30% quota requirement for female candidates. This study aims to determine the political communication strategies of women legislative candidates in the Golkar Party in East Java electoral District II in building popularity and acceptability in the 2019 election. There were 5 (five) informants in this study who were from the Sylvia Sultana success team and representatives from the local Pasuruan District/ City and Probolinggo District /City. This study uses qualitative methods by collecting data through interviews and documents to analyze the political communication strategies of female candidates Sylvia Sultana from the East Java Golkar Party electoral District II to build popularity and acceptability in the 2019 election. Sylvia Sultana's research results use a political communication strategy by applying a theory study from Dannimo with communication elements, namely political communicators, political messages, media, political communication audiences and the effects of political communication. Keywords: Strategy, political communication, female, representation, popularity, and acceptability

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-20-006
Call Number: T-52-PCOM-19-003
NIM/NIDN Creators: 55217110024
Uncontrolled Keywords: Strategi, komunikasi politik, keterwakilan perempuan, popularitas, dan akseptabilitas, Strategy, political communication, female, representation, popularity, and acceptability,kompol, komunikasi politik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:17
Last Modified: 30 Jun 2022 09:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56652

Actions (login required)

View Item View Item