PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANGTUA DAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA DI ERA DIGITAL

SAHAJA, RADIK (2020) PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANGTUA DAN ANAK USIA 3-6 TAHUN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA DI ERA DIGITAL. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER- Radik Sahaja.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka - Radik Sahaja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menganalisis tahapan proses komunikasi antarpribadi orangtua dan anak usia 3-6 tahun dalam upaya menumbuhkan minat baca di era digital. Di masyarakat modern tak jarang karena kesibukan sehari-hari yang berkutat dengan teknologi membuat orangtua jarang melakukan komunikasi dengan buah hati. Anak usia dini 3-6 tahun pun terpapar radiasi gawai. Proses komunikasi antarpribadi berdasarkan Mark Knapp dapat dilihat ke dalam tiga bagian besar. Pada dasarnya di era digital seperti sekarang kemampuan literasi baru harus dimiliki oleh setiap individu dengan fondasi literasi lama yang salah satunya adalah membaca. Hasil data beberapa institusi menggambarkan masih rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Periode emas yang dimiliki oleh anak usia dini sudah seharusnya diisi dengan aktivitas positif agar membentuk karakter dan pribadi unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Terdapat enam pasang orangtua-anak sebagai informan dalam penelitian ini. Mereka belum sepenuhnya melakukan komunikasi antarpribadi dalam rangka menumbuhkan minat baca menggunakan buku cerita. Secara keseluruhan, terdapat komunikasi yang efektif pada tahapan proses komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh orangtua guna mengupayakan menumbuhkan minat baca anak di era digital. === This research aims to explain and analyze the process stages of interpersonal communication between parents and children age 3-6 years old in encouraging their interest in reading in this digital era. In modern society, it is more common to see parents who do not communicate with their children very often due to their daily activities that heavily depends on technology. Children in age 3-6 years old are exposed by radiation from gadgets. According to Mark Knapp, the process of interpersonal communication is divided into three main categories. Basically, the new literacy skill needs to be acquired by all individuals with old literacy, in which reading is part of it, as its foundation in this digital era. This research uses qualitative approach with study case method. The methods of collecting the data in this research are conducting intensive interviews, observation, and literature study. There are six pairs of parents and children as informants in this research. The result shows that the informants have not fully conducted interpersonal communication in encouraging interest in reading using story books. The conclusion is that there is an effective communication in interpersonal communication stage performed by parents to encourage their children’s interest in reading in the digital era.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55218120014
Uncontrolled Keywords: komunikasi antarpribadi, Mark Knapp, relasi orangtua dan anak, literasi, minat baca, era digital; interpersonal communication, Mark Knapp, parent-child relationship, literacy, reading interest, digital era
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:50
Last Modified: 04 Jul 2024 01:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55658

Actions (login required)

View Item View Item