Dian, Andriany (2015) MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK YANG MENDORONG ANAK-ANAK SD MENGGANDRUNGI FILM KARTUN DI TELEVISI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi intrinsik (kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan, bersosialisasi) dan motivasi ekstrinsik (daya tarik, dukungan sajian, dukungan lingkungan) tayangan film kartun terhadap kegandrungan anak-anak menonton film kartun di televisi. Stimulus kuat mempengaruhi alam pikiran, dan menjadi sesuatu yang mampu memberikan makna bagi anak-anak, berlangsung suatu penerimaan anak-anak akan film kartun, yang selanjutnya menjadi motivasi bagi anak-anak untuk menggandrungi film kartun (isi cerita, tokoh fiktif, mutu visualisasi, adegan, musik dan lagu). Dua titik sentral yang saling berhubungan itu yang menjadi topik penelitian. Paradigmanya positivisme yang didekati kuantitatif. Tipe penelitian deskriptif eksplanatori dengan metode survei. Populasi penelitian dibatasi pada anak-anak SD kelas 4, 5 dan 6. Sampel penelitian ditentukan secara purposif sebanyak 60 responden. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif meliputi frekuensi, persentase, median, rataan skor dan total rataan skor; serta analisis statistik inferensial berupa analisis uji regresi linear. Motivasi intrinsik menunjukkan kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan dan bersosialisasi dengan kategori tinggi; sementara daya tarik kategori tinggi, dukungan sajian kategori sedang, dan dukungan lingkungan kategori sedang menjadi motivasi ekstrinsik. Kegandrungan anak-anak terhadap film kartun dominan dan fanatisme pada kategori sedang, derajat menirunya kategori tinggi. Motivasi intrinsik (kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan, bersosialisasi) berpengaruh nyata (p ≤ 0,1) terhadap kegandrungan anak-anak SD menonton film kartun di televisi. Terdapat pengaruh sangat nyata (p ≤ 0,01) antara motivasi ekstrinsik (daya tarik, dukungan sajian, dukungan lingkungan) tanyangan film kartun terhadap kegandrungan anak-anak SD menonton film kartun ditelevisi. Kata kunci: anak-anak, film kartun, kegandrungan, motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), televise
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-15-004 |
NIM/NIDN Creators: | 55210120093 |
Uncontrolled Keywords: | anak-anak, film kartun, kegandrungan, motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), televise, KOMPOL, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Maulana Arif Hidayat |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 04:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55588 |
Actions (login required)
View Item |