MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK YANG MENDORONG ANAK-ANAK SD MENGGANDRUNGI FILM KARTUN DI TELEVISI

Dian, Andriany (2015) MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK YANG MENDORONG ANAK-ANAK SD MENGGANDRUNGI FILM KARTUN DI TELEVISI. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh motivasi intrinsik (kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan, bersosialisasi) dan motivasi ekstrinsik (daya tarik, dukungan sajian, dukungan lingkungan) tayangan film kartun terhadap kegandrungan anak-anak menonton film kartun di televisi. Stimulus kuat mempengaruhi alam pikiran, dan menjadi sesuatu yang mampu memberikan makna bagi anak-anak, berlangsung suatu penerimaan anak-anak akan film kartun, yang selanjutnya menjadi motivasi bagi anak-anak untuk menggandrungi film kartun (isi cerita, tokoh fiktif, mutu visualisasi, adegan, musik dan lagu). Dua titik sentral yang saling berhubungan itu yang menjadi topik penelitian. Paradigmanya positivisme yang didekati kuantitatif. Tipe penelitian deskriptif eksplanatori dengan metode survei. Populasi penelitian dibatasi pada anak-anak SD kelas 4, 5 dan 6. Sampel penelitian ditentukan secara purposif sebanyak 60 responden. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif meliputi frekuensi, persentase, median, rataan skor dan total rataan skor; serta analisis statistik inferensial berupa analisis uji regresi linear. Motivasi intrinsik menunjukkan kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan dan bersosialisasi dengan kategori tinggi; sementara daya tarik kategori tinggi, dukungan sajian kategori sedang, dan dukungan lingkungan kategori sedang menjadi motivasi ekstrinsik. Kegandrungan anak-anak terhadap film kartun dominan dan fanatisme pada kategori sedang, derajat menirunya kategori tinggi. Motivasi intrinsik (kebutuhan pengetahuan, informasi, hiburan, bersosialisasi) berpengaruh nyata (p ≤ 0,1) terhadap kegandrungan anak-anak SD menonton film kartun di televisi. Terdapat pengaruh sangat nyata (p ≤ 0,01) antara motivasi ekstrinsik (daya tarik, dukungan sajian, dukungan lingkungan) tanyangan film kartun terhadap kegandrungan anak-anak SD menonton film kartun ditelevisi. Kata kunci: anak-anak, film kartun, kegandrungan, motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), televise

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-004
NIM/NIDN Creators: 55210120093
Uncontrolled Keywords: anak-anak, film kartun, kegandrungan, motivasi (intrinsik dan ekstrinsik), televise, KOMPOL, komunikasi politik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:02
Last Modified: 23 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55588

Actions (login required)

View Item View Item