NATALIA, YOSY CHRISTY (2019) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN POPULARITAS DIRI Studi Kasus Terhadap Public Figure : Bena Kribo, Ronald Yehezkiel Jasita dan Laurentius Rando. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB II)
08. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB III)
09. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
Text (BAB V)
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
Abstract
According to the evolution of communication technology, the emergence of Instagram as a new media brings an effect for human necessary in showing their self-actualization. Instagram was chosen as a complete social media and most in demand towards society nowadays. In this research, the writer used a theory from Abraham Maslow where Public Figure needs a process named hierarchy of needs to actualize their self for being popular through Instagram. This research is using a method of case study with qualitative-descriptive which is a method that utilize some interviewees. The writer has some purposes to find out a function of Instagram to popularize a public figure, to find out public figure’s outlook of how they popularize themselves through Instagram and positive and negative effects of using Instagram. The writer got the answers about this research through some questions about the growth of Social Media Instagram in Indonesia to Mr. Nukman Lutfhie as a Media Social Expert, Mr. Benazio Rizki Putra as a Content Creator, Mr. Ronald Yehezkiel as an Indonesian Artist, and Mr. Laurentius Rando as a CEO of Jakarta Beatbox School. An exist of Social Media Instagram was so helpful to develop some carriers of Public Figure and give some benefits for users and followers who follow their account on Instagram. Keywords : Instagram, Influencer, Popularity, Self Actualization Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, kemunculan media baru Instagram membawa pengaruh bagi kebutuhan manusia dalam menunjukkan aktualisasi diri. Ranah Instagram ini di pilih sebagai media sosial yang paling lengkap dan banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Pada penelitian ini penulis mengambil teori dari Abraham Masslow dimana Tokoh Publik dalam mengaktualisasikan dirinya membutuhkan proses yang dinamakan Hierarki Kebutuhan untuk tumbuh menjadi popular melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan deskriptif kualitatif, yaitu teknik memanfaatkan narasumber. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui peran media sosial Instagram dalam mempopulerkan Tokoh Publik, ingin mengetahui pandangan Tokoh Publik terhadap media sosial Instagram, dengan cara apa mereka mempopulerkan diri dan manfaat media sosial Instagram tersebut bagi Tokoh Publik itu sendiri, serta efek positif atau negatif atau bahkan keduanya selama menggunakan media sosial Instagram. Melalui pertanyaan-pertanyaan mengenai perkembangan media sosial di Indonesia seperti apa kepada beberapa narasumber yaitu Bapak Nukman Lutfhie selaku Pakar Media Sosial, Benazio Rizki Putra sebagai Konten Kreator, Ronald Yehezkiel sebagai Seniman Indonesia, dan Laurentius Rando sebagai Pendiri Sekolah Beatbox di Pertama di Indonesia. Keberadaan media sosial Instagram sangat membantu perkembangan dan kemajuan karir bagi para Tokoh Publik dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi khalayak yang menggunakan dan mengikuti akun media sosial Tokoh Publik tersebut. Kata Kunci : Instagram, Influencer, Popularitas, Aktualisasi Diri
Actions (login required)
View Item |