SYAHRUROMADHON, MUHAMMAD (2020) IMPLEMENTASI METODE MARKET BASKET ANALYSIS (MBA) MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM TRANSAKSI PENJUALAN (STUDY KASUS: RUANG TEMU). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. Bagian 1 Literatur Review.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB II)
03. Bagian 2 Analisis dan Perancangan.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
||
Text (BAB III)
04. Bagian 3 Source Code.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text (BAB IV)
05. Bagian 4 Dataset.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text (BAB V)
06. Bagian 5 Tahapan Eksperimen.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (BAB VI)
07. Bagian 6 Hasil Semua Eksperimen.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
Abstract
Jakarta is one of the culinary tourism spots, many places every year become creative in business. One of them is a café. Café Ruang Temu has sales transaction data but is not used to see associations between one product and another. In this case there needs to be a system for finding menu combinations by processing sales transactions. One data mining technique is association rule or Market Basket Analysis (MBA) with apriori algorithm. Apriori algorithm is to generate association rules to form menu combinations. Sales transaction data used during January 2019 to July 2019 determined the minimum support, and minimum confidence values that have been set. Key words: apriori, datamining, kafe, market basket analysis Jakarta adalah salah satu tempat wisata kuliner, banyak tempat wisata tiap tahun menjadi kreatif dalam berbisnis. Salah satunya adalah kafe. Kafe Ruang Temu memiliki data transaksi penjualan tapi tidak digunakan untuk melihat asosiasi antara produk yang satu dengan yang lain. Dalam hal ini perlu ada nya sistem untuk mencari kombinasi menu dengan mengolah transaksi penjualan. Salah satu teknik data mining ialah association rule atau Market Basket Analysis (MBA) dengan algoritma apriori. Algoritma apriori bertujuan menghasilkan aturan asosiasi untuk membentuk kombinasi menu. Data transaksi penjualan yang di gunakan selama bulan januari 2019 sampai juli 2019 ditentukan nilai minimum support dan minimum confidence yang telah ditetapkan. Kata kunci: apriori, datamining, kafe, market basket analysis
Actions (login required)
View Item |