PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)

VIADOLOROSA, E.N.S (2019) PENERAPAN BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR PENILAIAN KINERJA (Studi Kasus pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB 3)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB 4)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)

Abstract

The purpose of this study was to find out how the application of the Balanced ScoreCard performance assessment at PT BNI (Persero) Tbk. The research approach is descriptive qualitative. The data used is secondary and primary for three years (2015 to 2017). The research design used by the authors in this study is qualitative descriptive research. The research method is a case study. The method of data analysis in this study uses by processing and interpreting the data to be analyzed such as conducting interviews in the field. The results and discussion show that PT BNI (Persero) has implemented performance measurement using the Performance Management System (PMS) based on BSC. The use of these performance measurements can help companies improve financial performance and increase market share, as a goal setting and strategy contained in BNI's vision and mission. Performance driving and performance evaluation shown in the perspective of internal business processes and growth and learning have shown good performance so as to boost financial performance and increase customer satisfaction. This is in accordance with the target vision and mission of the company. Keywords: Performance Management System, Balanced ScoreCard, Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process, Growth and Learning Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian kinerja Balanced ScoreCard pada PT BNI (Persero) Tbk. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah sekunder dan primer selama tiga tahun (2015 sampai dengan 2017). Desain penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitiannya adalah studi kasus. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan dengan cara Mengolah dan menginterpretasikan data untuk dianalisis seperti melakukan wawancara di lapangan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa PT BNI (Persero) telah menerapkan pengukuran kinerja dengan menggunakan Performance Management System (PMS) yang berbasis pada BSC. Penggunaan pengukuran kinerja tersebut dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan market share, sebagai goal setting dan strategi yang tertuang dalam visi dan misi BNI. Performance driving dan performance evaluation yang ditunjukkan dalam perspektif proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran telah menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat mendongkrak kinerja keuangannya dan meningkatkan kepuasan nasabah. Hal ini sesuai dengan target visi dan misi dari perusahaan. Kata kunci: Performance Management System, Balanced ScoreCard, Perspektif keuangan, Perspektif Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 19 172
NIM/NIDN Creators: 43216120266
Uncontrolled Keywords: Performance Management System, Balanced ScoreCard, Perspektif keuangan, Perspektif Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pertumbuhan dan Pembelajaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.3 Financial Reporting (Financial Statements)/Laporan Keuangan > 657.32 Preparing Financial Statements/Menyiapkan Laporan Keuangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.48 Analytical (Financial) Accounting/Analisis (Keuangan) Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:01
Last Modified: 26 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52857

Actions (login required)

View Item View Item