MANURUNG, HAFFERSON HAPPY (2020) PENGARUH DESTINATION AWARENESS, DESTINATION IMAGE DAN DESTINATION EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE DESTINASI WISATA BADUY, BANTEN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04 ABSTRACT.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 DAFTAR ISI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB II)
10 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB III)
11 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (BAB IV)
12 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB V)
13 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
The Baduy tribe is a tribe that lives isolated from the outside world. They live simply and are blend with nature. The structure of the Baduy community is divided into two major groups, namely the Baduy Dalam and the Baduy Luar community. The Baduy Dalam has an area of 1,975 hectares with a population up to June 2009 of 1,083 people spread over three villages, while the Baduy Luar area covers 3,127 hectares with a population of 10,089 people, consisting of 55 villages. Administratively, the Baduy government is in Banten Province, Indonesia. According to Statistics Indonesia (BPS), tourist visits to Baduy have increased significantly, even though they must comply with strict customary rules which make some tourists uncomfortable. Based on the phenomena that occur in Baduy and the results of the study of the influencing variables, the authors are interested in conducting research on whether destination awareness, image and experience affect the decision to visit to tourist destinations Baduy. The method used is a conclusive research design with causal research to test hypotheses and relationships. This study concluded that destination awareness and destination experience have negative and significant effect on visit decisions while destination image has a positive and significant effect on visit decisions. The author hopes that further research can retest the variables used in this study but in different cultural tourism destinations or can retest the variables that influence visit decisions that have not been tested in this study. Keyword: Baduy, Cultural Tourist Destination, Awareness, Image, Experience, Visit Decision Suku Baduy merupakan suku yang hidup terisolir dari dunia luar. Mereka hidup sederhana dan menyatu dengan alam. Struktur masyarakat Baduy terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu masyarakat Baduy Dalam dan masyarakat Baduy Luar. Baduy Dalam memiliki luas 1.975 hektar dengan jumlah penduduk sampai dengan Juni 2009 sebanyak 1.083 orang yang tersebar di tiga desa, sedangkan wilayah Baduy Luar seluas 3.127 hektar dengan jumlah penduduk 10.089 jiwa yang terdiri dari 55 desa. Secara administratif, pemerintahan Baduy berada di Provinsi Banten, Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan ke Baduy mengalami peningkatan yang cukup signifikan, meski harus mematuhi aturan adat yang ketat yang membuat sebagian wisatawan tidak nyaman. Berdasarkan fenomena yang terjadi di Baduy dan hasil kajian variabel-variabel yang mempengaruhinya, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian apakah destination awareness, image dan experience berpengaruh terhadap keputusan berkunjung ke destinasi wisata Baduy. Metode yang digunakan adalah desain penelitian konklusif dengan penelitian kausal untuk menguji hipotesis dan hubungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa destination awareness dan destination experience berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung sedangkan destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Penulis berharap pada penelitian selanjutnya dapat menguji kembali variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini namun pada destinasi wisata budaya yang berbeda atau dapat menguji kembali variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan berkunjung yang belum diuji dalam penelitian ini. Kata Kunci: Baduy, Destinasi Wisata Budaya, Awareness, Image, Experience, Keputusan Berkunjung
Actions (login required)
View Item |