KONSTRUKSI IDENTITAS KELOMPOK OLAHRAGA: STUDI KOMUNITAS OLAHRAGA VIKING PERSIB FANS CLUB

ABDI, MOHAMMAD RIFKI (2021) KONSTRUKSI IDENTITAS KELOMPOK OLAHRAGA: STUDI KOMUNITAS OLAHRAGA VIKING PERSIB FANS CLUB. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This study is trying to understand the phenomenon of the identity construction in a sport community which is formed by the interactions among its members. The sport community whis is being studied in this research is the Viking Persib Fans Club (VPC or Viking) founded in 1993 which is considered as the pioneer of organized football fans community in the national scope. VPC is not only a place to form a crowd of football fans everytime their beloved team, the PERSIB Bandung plays, and behave aggresively to othe football fans at the stadium. However, this community has been transformed into an organization that allows the exchange of knowledge and values between its members who have different backgrounds in social and economic status. The identity formed among VPC members is influenced by the values of the community whose members hold the values of brotherhood, loyalty, togetherness, commitment, discipline, and religion as well as their main of interest in joining the VPC. As a football supporter community that whose membership is dominated by individuals who have associations with West Java, the Sundanese family tradition:” to love, to, foster and to care” has become the glue of friendship networks that characterize the identity of the Viking Persib Fans Club. This study uses a qualitative approach with a Case Study method, collecting data from informants using data collection procedures based on a predetermined time by combining the results of interviews, observations and combining the documentation obtained by researchers in conducting the research process. Keywords: Case Study, Identity Construction, Community Penelitian ini ditujukan untuk memahami fenomena terbentuknya konstruksi identitas pada suatu komunitas olahraga yang terbentuk dari interaksi di antara para anggotanya. Komunitas olahraga yang menjadi fokus penelitian ini adalah Viking Persib Fans Club (VPC atau Viking) yang merupakan komunitas penggemar sepakbola yang terorganisir dalam kancah persepakbolaan nasional dan telah berdiri sejak tahun 1993. VPC bukan hanya menjadi wadah untuk berkerumun (crowd) yang selalu meramaikan tribun setiap tim yang didukungnya, PERSIB Bandung, bertanding, dan gemar mengganggu suporter kesebelasan lawan setiap kali hadir di stadion. Namun, komunitas ini telah bertransformasi menjadi organisasi yang memungkinkan terjadinya saling tukar menukar pengetahuan dan nilali-nilai di antara para anggotanya yang memiliki perbedaan latar belakang status sosial dan ekonomi. Identitas yang terbentuk di antara anggota VPC dipengaruhi oleh nilai-nilai komunitas yang anggota-anggotanya memegang nilai-nilai persaudaraan, loyalitas, kebersamaan, komitmen, disiplin, dan religius dan juga latar belakang mereka dalam bergabung ke VPC. Sebagai komunitas suporter sepakbola yang lahir dan keanggotaannya didominasi oleh individu-individu yang memiliki asosiasi dengan Jawa Barat, budaya keluarga Sunda, silih asih, asah, asuh menjadi perekat jaringan pertemanan yang mewarnai karakteristik Viking Persib Fans Club. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data dari informan informasi dengan menggunakan prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan dengan menggabungkan hasil wawancara, observasi serta menggabungkan dokumentasi yang didapatkan peneliti dalam melakukan proses penelitian. Kata Kunci : Studi kasus, Konstruksi Identitas, Komunitas

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55216110092
Uncontrolled Keywords: Studi kasus, Konstruksi Identitas, Komunitas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.94 Influence of Community and Housing/Pengaruh Komunitas dan Perumahan > 155.943 Suburban Communities/Komunitas Suburban
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.94 Influence of Community and Housing/Pengaruh Komunitas dan Perumahan > 155.944 Rural Communities/Komunitas Pedesaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:26
Last Modified: 12 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51379

Actions (login required)

View Item View Item