WINARTY, SHENTHYA (2019) PEMBENTUKAN IDENTITAS VIRTUAL ROLEPLAYER DI TWITTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04 ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
14 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
03 KATA PENGANTAR.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05 DAFTAR ISI.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
06 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II)
08 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB III)
09 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (BAB IV)
10 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
11 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
Abstract
Media adalah kehidupan kedua yang di miliki oleh manusia, sehingga dari sini muncul sebuah istilah Realitas virtual yang didalamnya terdapat Identitas virtual. Dalam permainan peran yang dilakukan individu di sosial media untuk bertindak, bermain sosial dalam Roleplay tidak dibataskan, kartun, anime, super hero, idola artis, sampai karakter Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Media baru mengingat Roleplay berada di sosial media,lalu juga di ikuti oleh teori-teori mengenai sifat, pembawaan diri, teori konsep diri dan juga teori-teori mengenai realitas virtual. Cara pandang yang ada dalam penelitian ini adalah konstruktivisme serta menggunakan tipe penelitian kualitatif agar dapat menjelaskan keadaan ini dengan cara yang lebih luas. Metode penelitian ini yaitu fenomenologi. Dengan memilih 6 narasumber yang memenuhi kriteria yang telah di tetapkan. Pembentukan identitas virtual Roleplay melalui 4 proses, yaitu proses pemikiran yang miliputi pengetahuan mengenai karakter tersebut, keinginan untuk memerankan karakter tersebut, lalu proses tindakan pembuatan akun twitter, lalu proses hasil dari tindakan yaitu memperoleh sebuah akun, yang terakhir adalah proses lanjutan yang berisi tentang proses belajar, pengalaman, dan penyesuaian diri. Dalam Roleplay ada dampak negative dan ada dampak positif. Dampak negative meliputi terjadinya kejahatankejahatan yang merugikan diri sendiri dan juga orang sekitar. Dampak positifnya, seseorang dapat menemukan teman tanpa memandang fisik, dan dapat melatih kemampuan menulis seperti apa yang dirasakan M lewat Imagine dan Plotting
Actions (login required)
View Item |