SARTIA, ARNI (2019) ANALISIS RESEPSI PERSEPSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM IKLAN MENTOS MENTORS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DFATAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (BAB II)
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
||
Text (BAB III)
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Komunikasi secara tatap muka sudah jarang ditemukan saat ini. Individu lebih banyak menghabiskan waktu secara online sehingga sulit untuk memulai pertemanan secara offline. Hal ini divisualisasikan dalam Iklan Mentos Mentors. Iklan ini menceritakan tentang anak kecil yang dijadikan sebagai mentor bagi orang dewasa pemalu untuk memulai sebuah pertemanan dengan orang asing dan teknik tersebut berhasil. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode analisis resepsi yang merupakan metode untuk mengetahui respon khalayak mengenai pemaknaan dari sebuah teks media berdasarkan pada pengalaman pribadi dengan teknik pengum pulan data berupa wawancara mendalam dengan beberapa informan yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini menggunakan teori Stuart Hall tentang teori Decoding dan Encoding yang mengkaji tentang proses konsumsi dan produksi makna. Teori ini dimaksudkan sebagai derajat pemahaman serta kesalahpahaman dalam pertukaran pesan dalam proses komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa para informan berhasil memaknai pesan pembuat teks, creator iklan mentos mentors, mengenai cara membuat pertemanan tidaklah sulit asal kita mau menghabiskan waktu secara offline. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa pengaplikasian cara berteman seperti yang ditunjukkan iklan tersebut tidak akan berhasil di Indonesia karena beberapa factor seperti kebudayaan, pola pikir, tingkat pendidikan, dan pengalaman pribadi.
Actions (login required)
View Item |