PROSES OPERASIONAL MEDIA RELATION PLAZA INDONESIA DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA GUNA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF (Studi Kasus di Plaza Indonesia Shopping Center)

HARYATI, SYERLI (2012) PROSES OPERASIONAL MEDIA RELATION PLAZA INDONESIA DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA GUNA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF (Studi Kasus di Plaza Indonesia Shopping Center). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02. ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (Bab 2)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (Bab 3)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (Bab 4)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (Bab 5)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Public Relations Plaza Indonesia sebagai komunikator perusahaan menganggap penting menjalin hubungan baik dengan Media untuk mencapai publisitas yang maksimum dan mempertahankan citra positifnya dalam menghadapi situasi kompetisi yang semakin ketat. Fokus penelitian adalah melihat bagaimana hubungan baik itu diciptakan dan dibangun? Kemudian bagaimana proses operasional dari kegiatan media relations berdasarkan proses kerja PR Empat Langkah?serta faktor-faktor apa yang menjadi daya dukung dan daya penghambat bagi keberhasilan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif yang mencoba menemukan pemahaman dan interpretasi dari orang-orang yang terlibat didalam kegiatan tersebut. Tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menjadi pilihan agar mendapatkan deskripsi mendetail dan mendalam. Hasil penelitian terungkap fakta bahwa secara umum hubungan dengan Media telah terjalin harmonis meski ada beberapa informan yang bernada sinis. Public Relations Plaza Indonesia lebih menekankan membangun hubungan yang kokoh dan erat dengan Media sebagai relasi personal dibandingkan relasi tugas sehingga peran dan fungsi Public relations hanya sebatas menangani kontak dengan media, membuat siaran pers dan mengadakan kegiatan media gathering. Fungsi lain yang strategis tidak dilakukan yaitu sebagai penasehat ahli dalam menangani isu atau krisis perusahaan.. Kedudukan PR dalam struktur rendah berada di level staf dan sumber daya manusianya yang sedikit menjadi penghambat bagi kesuksesan menjalankan ke-empat peran PR. Untuk ke depan, PR harus mampu mengembangkan peran dan fungsinya dan melatih kemampuan PR Writing agar menjadi seorang pemberi informasi yang bernilai berita tinggi dan siap dalam menghadapi isu dan krisis perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-12-006
Call Number: MKOM/2012/SYE/P
NIM/NIDN Creators: 55207110001
Uncontrolled Keywords: Media Relations, Prinsip-prinsip hubungan baik dengan Media, Proses Operasional Empat Langkah Cutlip, Center & Broom. Studi Kasus, MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:16
Last Modified: 20 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43289

Actions (login required)

View Item View Item