SEMIOTIKA TANDA CINTA PADA IKLAN TVC SUSU SGM EKSPLOR PRESINUTRI 1 PLUS VERSI 60 TAHUN ANAK SGM TAHUN 2017

QUDWATUNNISA, QUDWATUNNISA (2018) SEMIOTIKA TANDA CINTA PADA IKLAN TVC SUSU SGM EKSPLOR PRESINUTRI 1 PLUS VERSI 60 TAHUN ANAK SGM TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
07.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
08.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB IV)
09.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB V)
10.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai tanda dan makna Cinta yang terkandung pada iklan susu SGM Eksplor Presinutri 1 Plus versi 60 tahun Anak SGM dengan menggunakan teknik analisis semiotika. Dalam penelitian ini, iklan yang diteliti berupa iklan televisi SGM yang menampilkan tanda cinta yang dikonstruksikan dalam sebuah keluarga kecil. Dalam setiap penampilan baik di media digital maupun elektronik, SGM Eksplor selalu berusaha menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan menarik melalui iklan-iklannya. Tidak heran iklan-iklan yang ditampilkan mempunyai pesan yang menyentuh dan menunjukkan sikap sosial. Pada iklan televisi SGM Eksplor Presinutri 1 Plus versi 60 Tahun Anak SGM, menggambarkan emosi serta isyarat tubuh dalam mununjukkan tanda cinta antara orang tua dan anak. Hal yang menarik bagi peneliti adalah pengkonstruksian tanda cinta yang dipresentasikan oleh keluarga kecil dalam beberapa scene pada iklan tersebut. Metode penulisan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini memberikan uraian untuk mengetahui pesan linguistik, pesan ikonik yang tak terkodekan dan pesan ikonik yang terkodekan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cinta kasih timbul dengan gejala-gejala yang dikonstruksikan dengan rasa perhatian, tanggung jawab, saling menghargai, dan mengenal. Dalam menyampaikan hal tersebut bisa dilihat dari ekspresi emosi, yaitu raut wajah, isyarat tubuh, dan juga bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 004
NIM/NIDN Creators: 44312110117
Uncontrolled Keywords: SEMIOTIKA TANDA CINTA, IKLAN TVC SUSU SGM EKSPLOR PRESINUTRI 1 PLUS VERSI 60 TAHUN ANAK SGM TAHUN 2017
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 May 2018 07:13
Last Modified: 21 Feb 2022 07:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43020

Actions (login required)

View Item View Item