QUDWATUNNISA, QUDWATUNNISA (2018) SEMIOTIKA TANDA CINTA PADA IKLAN TVC SUSU SGM EKSPLOR PRESINUTRI 1 PLUS VERSI 60 TAHUN ANAK SGM TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRAK.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (BAB II)
07.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB III)
08.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (BAB IV)
09.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text (BAB V)
10.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
12.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai tanda dan makna Cinta yang terkandung pada iklan susu SGM Eksplor Presinutri 1 Plus versi 60 tahun Anak SGM dengan menggunakan teknik analisis semiotika. Dalam penelitian ini, iklan yang diteliti berupa iklan televisi SGM yang menampilkan tanda cinta yang dikonstruksikan dalam sebuah keluarga kecil. Dalam setiap penampilan baik di media digital maupun elektronik, SGM Eksplor selalu berusaha menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan menarik melalui iklan-iklannya. Tidak heran iklan-iklan yang ditampilkan mempunyai pesan yang menyentuh dan menunjukkan sikap sosial. Pada iklan televisi SGM Eksplor Presinutri 1 Plus versi 60 Tahun Anak SGM, menggambarkan emosi serta isyarat tubuh dalam mununjukkan tanda cinta antara orang tua dan anak. Hal yang menarik bagi peneliti adalah pengkonstruksian tanda cinta yang dipresentasikan oleh keluarga kecil dalam beberapa scene pada iklan tersebut. Metode penulisan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini memberikan uraian untuk mengetahui pesan linguistik, pesan ikonik yang tak terkodekan dan pesan ikonik yang terkodekan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cinta kasih timbul dengan gejala-gejala yang dikonstruksikan dengan rasa perhatian, tanggung jawab, saling menghargai, dan mengenal. Dalam menyampaikan hal tersebut bisa dilihat dari ekspresi emosi, yaitu raut wajah, isyarat tubuh, dan juga bahasa.
Actions (login required)
View Item |