FAISAL, IVAN DANY (2018) PENYEIMBANGAN BEBAN KERJA DIVISI ASSY WHEEL DI PT.ASTRA HONDA MOTOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (BAB VI)
14. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
Abstract
PT.Astra Honda Motor merupakan salah satu perusahaan motor yang sudah terpercaya. Perusahaan ini menjadi pemasok kendaraan ke masyarakat seluruh kawasan indonesia. produk yang di produksi adalah macam macam jenis motor/kendaraan. Seperti matic, bebek dan sport. produk yang di produksi Astra. Pengamatan dilakukan di lintasan Assy wheel . terdapat beban kerja yang tidak merata di stasiun 4, sedangkan di stasiun 1,2,3,5 mempunyai Cycle time banyak menggagur. sehingga perlu di usulkan metode yang dapat memecahkan masalah tersebut. Setelah dilakukan pengumpulan data dan study literatur ,metode pemecahan masalah yang digunakan adalah yamazumi dan Largest Candidate Rule. Alasan mengunakan metode yamazumi adalah untuk mengetahui takt time setiap stasiun dan meratakan beban kerja stasiun tertinggi ke stasiun selanjutnya. Menggunakan Largest Candidate Rule untuk mengetahui Line efisiensi Balancing Delay,Idle time.perbandingan ini dilakukan untuk mengetahui metode mana yang lebih baik. Dari hasil pengolahan data yamazumi maka di dapat 3.13 detik waktu yang dipindahkan ke stasiun selanjutnya dikarenakan pada stasiun 5 pengerjaan job pada stasiun tersebut hampir sama pada stasiun 4 hanya pada stasiun 5 melakukan pengisian ulang angin menggunakan manual jika di pindahkan pada stasiun 5. Dan hasil dari menggunakan metode LCR didapat LE 97.1%,BD 2,85%,IT 2.07 detik. Maka hasil dari perhitungan disarankan menggunakan yamazumi dikarenakan waktu yang sebelumnya 18.76/detik dapat di ratakan menjadi 15.63 detik. sisa waktu sebelumnya di pindahkan pada stasiun 5 yang sebelumya sebesar11.62/detik menjadi 14.75/ detik. Dan Takt Time pada divisi Assy wheel sebesar 18.51/ detik. Kunci: Assy wheel, Yamazumi, Largest Candidate Rule (LCR).
Actions (login required)
View Item |