MAKNA WIRAUSAHA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM PESAN IKLAN TOKOPEDIA VERSI BERANI MEMULAI, BERANI BERUSAHA DI MEDIA YOUTUBE)

WAHID, HILALUDIN (2018) MAKNA WIRAUSAHA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM PESAN IKLAN TOKOPEDIA VERSI BERANI MEMULAI, BERANI BERUSAHA DI MEDIA YOUTUBE). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Pada umumnya iklan yang diproduksi oleh perusahaan yang bergerak dibidang E-commerce bertujuan untuk mempromosikan produk-produk tertentu dengan diskon yang menarik dengan berbagai subsidi dan promo harga kompetitif untuk konsumen, berbeda halnya dengan iklan Tokopedia, menggunakan konsep wirausaha sebagai gambaran dalam iklannya untuk menanamkan ide atau kesan tertentu kepada khalayak. Iklan ini mendapatkan perhatian khalayak karena mengusung nilai-nilai produktifvitas seorang wirausaha. Penulis merasa perlu adanya penjabaran mengenai makna wirausaha yang diproduksi oleh iklan Tokopedia yang disandingkan dengan makna wirausaha yang sesungguhnya adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah dalam kehidupan sosial secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna wirausaha dalam iklan Tokopedia dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang mana mengungkap makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam pesan iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis, sehingga diharapkan dapat membantu menunjukkan lambang-lambang apa saja yang menunjukkan makna wirausaha dalam iklan yang penulis jadikan objek penelitian. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna wirausaha dalam iklan Tokopedia versi berani memulai, berani berusaha adalah proses kerja keras diawal memulai usaha sangatlah menguras tenaga dan pikiran, terlebih dilakukan dengan cara-cara lama yang masih memiliki keterbatasan ruang dan waktu, dan kerja cerdas yang diwujudkan dengan menggunakan Tokopedia dapat memangkas waktu dan tenaga, sehingga proses menjadi wirausaha yang sukses akan menjadi lebih cepat terwujud. Kata kunci : Iklan, Makna, Wirausaha, Semiotika, Roland Barthes

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 18 007
NIM/NIDN Creators: 55212120025
Uncontrolled Keywords: Iklan, Makna, Wirausaha, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 May 2018 02:50
Last Modified: 31 May 2024 08:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42420

Actions (login required)

View Item View Item