PUTRI, SASKIA ARNOWO (2018) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERAKTIF DALAM SISTEM BELAJAR ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komnukasi telah membawa perubahan yang sangat besar bagi kemajuan dunia komunikasi pembelajaran. Kehadiran internet memungkinkan komunikasi berlangsung dalam dunia maya (Virtual). Inilah awal dari istilah belajar Online (E-Learning). Media Online dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi dan ruang komunikasi sehingga proses pertukaran informasi semakin cepat luas dan terbuka. Rumusan masalah penelitian ini adalah Sejauh Mana Efektivitas Komunikasi Interaktif dalam Sistem Belajar Online Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta yang bertujuan mengetahui Sejauh mana efektivitas komunikasi interaktif yang terjadi tersebut Penelitian menggunakan beberapa konsep untuk mendukung dan menjadi dasar dan referensi dari beberapa buku, jurnal nasional, dan penelitian terdahulu. Konsep yang diambil adalah Komunikasi dan Komunikasi Intruksional, New Media, Uses and Gratification Theory, dan E-Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode evaluatif dengan pendekatan kuantitatif – survei. Dengan total sampel secara acak 291 mahasiswa. Dengan skala pengukuran yang digunakan yaitu Skala Likert dengan teknik analisa rumus Quartil dalam Likert Summarting Rating (LSR). Dengan menggunakan 5 dimensi dalam operasionalisasi konsep yaitu dimensi kerterbukaan informasi, dimensi kemudahan sistem ELearning, dimensi meningkatkan fungsi edukatif mahasiswa, dimensi partisipasi audiens, dan dimensi waktu. Hasil penelitian menunjukkan dimensi waktu adalah yang paling efektif dan dimensi partisipasi audiens dimensi yang memiliki nilai efektif paling rendah. Mahasiswa terbantu mengatur jadwal perkuliahan dengan adanya sistem belajar Online, tetapi mahasiswa cenderung pasif dalam diskusi Online. Secara keseluruhan efektivitas komunikasi interaktif dalam sistem belajar online mahasiswa Universitas Mercu Buana adalah efektif sehingga mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan informasi pendidikan dengan memanfaatkan media Online Website di era globalisasi seperti sekarang ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Komunikasi interaktif dalam sistem belajar Online adalah hal yang efektif digunakan dengan memanfaatkan teknoogi sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi mereka yang ingin mengembangankan tentang komunikasi belajar online.
Actions (login required)
View Item |