KONSTRUKSI IDEOLOGI PARTAI KOMUNIS INDONESIA DALAM SURAT KABAR "HARIAN RAKJAT" (Analisis framing Headline Haria Rakjat Edisi 28, September)

WALUYO, EKO EDI (2015) KONSTRUKSI IDEOLOGI PARTAI KOMUNIS INDONESIA DALAM SURAT KABAR "HARIAN RAKJAT" (Analisis framing Headline Haria Rakjat Edisi 28, September). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Harian Rakjat membingkai isu sosial, menjadi permasalahan bersama. Proses pembingkaian ini merupakan bagian dari konstruksi ideologi Partai Komunis Indonesia, karena Harian Rakjat merupakan media massa yang dibuat PKI untuk menjadi saluran penyebaran ideologinya. Headline Harian Rakjat edisi 28, September 1955, merupakan puncak dari rangkaian pembingkaian yang dilakukan oleh PKI. Dengan menggunakan analisis framing William Gamson, penelitian ini menemukan pendefinisian isu sosial yang dikonstruksi dan dipropagandakan oleh Harian Rakjat, secara terus menerus sehingga menimbulkan kesadaran bersama, perasaan yang sama, dan tindakan yang sama pula. Harian Rakjat dalam pemberitaannya banyak berbicara seputar ruang demokrasi, perbaikan nasib kaum buruh, perbaikan nasib petani, kesetaraan hak wanita, kebebasan mencipta dalam berseni dan perjuangan hak bagi masyarakat golongan kecil lainnya. Penelitian ini juga menemukan keberhasilan konstruksi ideologi PKI yang tercermin dari berhasilnya Harian Rakjat mendefinisikan isu sosial menjadi permasalahan bersama, yang kemudian menjadi gerakan sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-014
Call Number: 52/PCOM/2016/001
NIM/NIDN Creators: 55212120049
Uncontrolled Keywords: Analisis framing, William A. Gamson, Headline edisi 28, September 1955, Komunikasi Massa, Partai Komunis Indonesia, Pemilu 1955, Framing analysis, William A. Gamson, Newspapper headline, Mass communication, The Communist Party of Indonesia, General election 1955, KOMPOL, komunikasi politik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:39
Last Modified: 23 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41964

Actions (login required)

View Item View Item