MUHARLY, RAFFI (2018) REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI) (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
07. Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02. Lembar Pernyataan.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
06. Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
08. Kata Pengantar.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
09. Daftar Isi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
10. Daftar Tabel.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
Abstract
Film adalah bentuk dominan dari komunikasi massa visual di dunia saat ini. Lebih dari jutaan orang menonton film di bioskop, film, televisi dan film video laser. Dalam film terkandung fungsi informatif maupun edukatif, bahkan persuasive. Penggunaan film sebagai sarana edukasi dapat menjadi sarana yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan baik melalui gambar, suara dan kata yang diucapkan. Film umumnya dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk berbagai sistem tanda yang bekerjasama dengan baik dengan upaya mencapai efek yang diharapkan. Penelitian ini kemudian menganalisis tiap tanda yang memiliki nilai-nilai pendidikan dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)”. Analisis semiotika dilakukan berdasarkan Model Ferdinand De Saussure untuk menelaah tiap tanda-tanda yang dikomunikasikan dalam film. Berdasarkan penelitian, penulis melihat nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)” berdasarkan pada visual yang disajikan tiap adegan. Unit-unit analisis yang dipergunakan adalah tanda-tanda dalam gambar bergerak (film) yang telah dikombinasikan menjadi kode-kode sehingga dapat memungkinkan suatu pesan disampaikan. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melihat data pada unsur-unsur verbal dan non-verbal dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)”. Data tersebut dilihat dari gambar, suara dan kata dalam tiap adegan yang memiliki nilai-nilai pendidikan. Adegan-adegan dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)” memuat mitos yang menyimpan ideologi pendidikan yang dikemas oleh pembuat film. Mitos dan ideologi pendidikan dalam film membuat penonton seolah diberikan gambaran bahwa apa yang ada pada film ini dibenarkan secara sudut pandang dan pendidikan.
Actions (login required)
View Item |