NARSISME SEBAGAI PERSONAL BRANDING SELEBGRAM DI MEDIA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM

SINTAWATI, INES (2018) NARSISME SEBAGAI PERSONAL BRANDING SELEBGRAM DI MEDIA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)

Abstract

Media sosial digunakan untuk sarana pertemanan dan berbagi informasi, salah satunya adalah Instagram. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video. Media sosial membuat penggunanya menjadi narsis. Sifat narsis yang dimiliki seseorang membuatnya ingin menunjukkan segala sesuatu melalui foto yang diunggah. Seseorang di dunia maya dapat mem-branding dirinya sedemikian rupa sesuai dengan apa yang dikehendaki. Tak jarang jika profil Instagramnya menarik, maka seseorang dapat memiliki banyak followers. Muncullah istilah selebgram yang dikenal oleh para pengguna Instagram di Indonesia. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana narsisme dapat dijadikan sebagai personal branding selebgram di media jejaring sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi komunikasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana sifat narsisme dapat membentuk sebuah personal branding seorang selebgram di media jejaring sosial Instagram, peran media sosial dalam pembentukan personal branding, makna narsisme dan personal branding di media jejaring sosial Instagram, dan narsisme membentuk sub-budaya baru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sifat narsisme seseorang dapat digunakan untuk membentuk personal branding di media jejaring sosial seperti Instagram. Orang biasa pun yang bukan seorang artis bisa menjadi terkenal di Instagram karena foto – foto yang diunggahnya memiliki keunikan sehingga orang lain tertarik untuk mem-follow akun Instagramnya. Hal inilah yang menyebabkan selebgram di follow banyak orang karena memiliki personal branding yang unik dibandingkan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 075
NIM/NIDN Creators: 44211120009
Uncontrolled Keywords: NARSISME, PERSONAL BRANDING, SELEBGRAM, MEDIA JEJARING SOSIAL, INSTAGRAM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.69 Specific Kinds of Computer Communications/Jenis Khusus Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Mar 2018 01:06
Last Modified: 13 Feb 2022 12:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40797

Actions (login required)

View Item View Item