MOTIF ORANG TUA MENGUNGGAH FOTO ANAK DI INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek)

FEBRINA, ANNISA (2017) MOTIF ORANG TUA MENGUNGGAH FOTO ANAK DI INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Mengunggah foto anak ke media sosial telah menjadi hal yang lazim. Bahkan saat ini semakin banyak muncul fenomena lainnya seperti selebgram anak dan fenomena akun instagram pribadi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif orang tua mengunggah foto anak di instagram. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan fenomenologi kualitatif. Untuk mengumpulkan data, selain wawancara secara mendalam terhadap 10 informan, dilakukan juga observasi terhadap akun instagram para informan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, terdapat beberapa Motif Karena (because motives) dalam mengunggah foto anak di instagram yang digerakkan oleh 2 hal yaitu pengalaman tentang album foto di masa lalu dan gangguan serta keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh para orang tua. Sedangkan Motif Untuk (in order to motives) yang ditemukan terkait dengan 3 hal. Pertama, berkaitan dengan upaya orang tua untuk menjadikan anak mereka dikenal oleh banyak orang. Kedua, berkaitan dengan sebuah tuntutan untuk berbagi moment perkembangan anak kepada orang lain terutama kepada keluarga yang jauh ataupun teman-teman yang sudah tidak lama di temui. Ketiga, sebagai upaya untuk mewujudkan rasa bangga dan bersyukurnya para orang tua atas apa yang mereka miliki saat ini. Berdasarkan motif di atas, penelitian ini mengkategorikan 3 tipikasi Orang Tua dalam mengunggah foto anak di instagram yaitu Orang Tua Eksis, Orang Tua Sharing, dan Orang Tua Memories.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 17 011
NIM/NIDN Creators: 55215110027
Uncontrolled Keywords: Motif, New Media, dan Fenomenologi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa > 155.64 Adults by Status, Type, Relationships/Orang Dewasa Menurut Status, Jenis, Hubungan > 155.646 Parents/Orang Tua
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 02 Dec 2017 07:28
Last Modified: 10 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39767

Actions (login required)

View Item View Item