HANDAYANI, WISNU (2017) MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN NIPPON PAINT VERSI WARNA YANG MEMPERSATUKAN (STUDI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.Hal Cover.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3.bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (BAB II)
4.bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB III)
5.bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (BAB IV)
6.bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text (BAB V)
7.bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (604kB) | Preview |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, rasa nasionalisme kian memudar. Ditengah maraknya masyarakat yang menganut paham budaya barat, Nippon Paint sebagai produsen cat asal Jepang memanfaatkan momentum kemerdekaan Indonesia dengan mengangkat nasionalisme Indonesia dalam iklan produk cat nya versi “warna yang mempersatukan”. Oleh karena itu penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut : Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat ditarik permasalahan yang ingin diketahui oleh penulis : Apa dan bagaimana makna Nasionalisme yang terdapat dalam iklan Nippon Paint versi warna yang mempersatukan? Membedah makna nasionalisme dalam iklan dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce yaitu menjabarkan tanda nasionalisme yang terdapat dalam iklan menggunakan trikotomi tanda Pierce. Nasionalisme dalam iklan diukur berdasarkan indicator parameter identitas nasionalisme yang merupakan suatu ukuran atau patokan yang dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu menjadi ciri khas suatu bangsa. Penelitian ini menggunakan peradigma konstruktivis dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah analisis semiotika Charles Sander Pierce. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan tanda verbal dan nonverbal yang terdapat dalam iklan Nippon Paint versi “warna yang mempersatukan”. Penulis melakukan teknik analisis data dengan menggali tanda yang terdapat dalam iklan serta mengajinya dengan teori-teori ilmu komunikasi khususnya teori semiotika Charles Sander Pierce. Scene-scene yang telah dianalisis menggunakan trikotomi Pierce didapati hasil penelitian bahwa iklan Nippon Paint versi “warna yang mempersatukan” mengandung makna nasionalisme sesuai dengan indicator parameter identitas nasionalisme yang menunjukkan ciri khas bangsa Indonesia. Nasionalisme pada iklan ini digunakan Nippon Paint dalam momentum hari kemerdekaan Indonesia untuk menginformasikan produk yang berujung pada peningkatan profit.
Actions (login required)
View Item |