ZAENUDIN, LUTFI (2016) KOMUNIKASI BERMEDIA KOMPUTER ANTAR JURNALIS DALAM MENGHASILKAN BERITA TERPERCAYA (STUDI FENOMENOLOGI ALFRED SCHUTZ PADA BERITA PERGANTIAN MENTERI ESDM PERIODE 2016-2019 PADA HARIAN BISNIS INDONESIA SELAMA BULAN OKTOBER 2016). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (793kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengeksplorasi komunikasi bermedia komputer jurnalis dalam menghasilkan berita terpercaya pada Harian Bisnis Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuka peluang untuk setiap orang termasuk jurnalis dan perusahaan meningkatkan diri dan memperbaiki prospek masa depan. Jurnalis Bisnis Indonesia memanfaatkan komunikasi bermedia komputer untuk menghasilkan berita terpercaya, sehingga PT Jurnalindo Aksara Grafika sebagai penerbit media massa harian Bisnis Indonesia dapat menimbun laba dan memelihara prospek perusahaan pada masa depan. Penelitian ini menggunakan komunikasi bermedia komputer (computer mediated communication) yang dikeluarkan oleh John December dan studi fenomenologi oleh Alfred Schutz. Fokus penelitian ini adalah bagaimana komunikasi bermedia komputer jurnalis dalam menghasilkan berita terpercaya pada media massa harian Bisnis Indonesia, melalui perspektif fenomenologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Hasil penelitian ini adalah jurnalis Bisnis Indonesia menggunakan pesan baik pesan aural maupun tekstual, media komunikasi, tujuan komunikasi, dan konteks komunikasi bermedia komputer untuk menghasilkan berita terpercaya pada media massa Harian Bisnis Indonesia. Penelitian ini menemukan komunikasi bermedia komputer jurnalis tidak hanya menghasilkan berita terpercaya tetapi juga meningkatkan jumlah dan variasi berita yang dihasilkan dan mendukung Bisnis Indonesia Group of Media dalam memangkas biaya produksi dan memitigasi risiko yang akhirnya dapat meningkatkan keuntungan dan menjaga prospek Bisnis Indonesia pada masa depan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-001 |
Call Number: | 52/CMC/2017/005 |
NIM/NIDN Creators: | 55214110060 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate and Marketing, CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 04:24 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39307 |
Actions (login required)
View Item |